Destination

Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara : Sumber Marmer Terbesar di Dunia

Untuk orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di kota besar, alam dan keindahannya kerap dijadikan pilihan wisata saat liburan, salah satunya wisata air terjun. Apalagi Indonesia memiliki banyak sekali air terjun yang cantik dan alami. Di mana saja tempatnya? Siapa tahu bisa menjadi referensi kamu saat mengisi akhir pekan.

Moramo adalah air terjun indah bertingkat tujuh yang terletak di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Di tempat ini, kita bisa menikmati indahnya panorama air terjun lebih dekat, bahkan bisa mandi di bawahnya.

Dibutuhkan waktu sekitar 1.5 jam untuk menuju gerbang kawasan Air Terjun Moramo. Dari pintu gerbang, perjalanan masih dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak buatan. Lama perjalanan sekitar 30 menit. Tapi jangan khawatir bakal merasa kelelahan. Karena sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan yang indah, suara alam yang syahdu dan udara segar yang melegakan pernapasan.

Selain air terjun bertingkat tujuh, Moramo juga memiliki 60 tingkatan batu kecil sekaligus sebagai tempat penampungan air. Di sini kamu bisa bermain air atau sekedar berfoto-foto. Ketika terkena sinar matahari, batu-batu ini akan memancarkan kilauan warna-warni yang didominasi oleh warna hijau yang begitu indah. Kicauan burung yang bersahutan dan berpadu dengan tarian kupu-kupu beraneka warna, menjadi daya tarik kawasan Air Terjun Moramo.

Di kawasan air terjun juga terdapat potensi kekayaan batu alam berupa marmer yang merupakan salah satu sumber cadangan marmer terbesar di dunia. Kawasan ini berjarak 65 Kilometer dari Kendari, dapat ditempuh dengan kendaraan darat atau langsung dari Bandara Monginsidi, yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Desa Sumber Sari menggunakan angkutan umum.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button