DestinationTourism

Wisata santai di Malang

tlogomas

Kabupaten Malang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2008, Kota Kepanjen ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Malang yang baru. Kota Kepanjen saat ini sedang berbenah diri agar nantinya layak sebagai ibu kota kabupaten. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, dan Kabupaten Pasuruan di utara, Kabupaten Lumajang di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri di barat.

Sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan yang berhawa sejuk, Malang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Selain yang sebelumnya tentang wisata sejarah ini ada juga wisat ayang cocok bagi keluarga anda untuk menikmati suasana santai danpastinya akan memebrikan momen yang indah bersama keluarga anda.

Taman Rekreasi Senaputra merupakan salah satu obyek wisata favorit warga Malang untuk mengisi hari libur bersama keluarga. Hingga saat ini, Taman Rekreasi Senaputra juga menjadi salah satu kawasan ruang terbuka hijau di kota Malang. Kawasan tersebut juga memiliki banyak pohon rindang sebagai penyangga ekosistem. Selain itu, posisinya yang berada di pinggir Sungai Brantas membuat Senaputra memiliki nilai penting untuk konservasi sungai. Taman Wisata Senaputra yang terletak tepat di belakang Rumah Sakit Saiful Anwar merupakan sarana wisata yang tepat bagi seluruh keluarga.

Senaputra memiliki berbagai arena permainan bagi anak-anak, sarana hiburan untuk anak-anak dan dewasa, serta kolam renang. Ada sekitar 5 kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi, mulai dari kolam renang untuk bayi hingga kolam untuk dewasa dengan kedalaman 2 meter. Di setiap Minggu pagi di pentaskan hiburan Tari Jaran Kepang dan band. Selain itu, taman ini juga merupakan tempat latihan tari, pencak silat dan karate. Terletak hanya 500 meter dari pusat kota Malang.

Taman Rekreasi Tlogomas merupakan taman rekreasi tertua di Malang yang terletak di Jalan Baiduri Pandan, Tlogomas.  Taman rekreasi yang didirikan pada tahun 1989 ini dilengkapi dengan kolam renang dan arena bermain untuk anak-anak. Memasuki kawasan ini, yang terlihat pertama kali adalah suasana asri karena terdapat banyak pohon rindang. Begitu sampai di pintu masuk taman, wisatawan akan menjumpai replika naga yang unik. Replika ular naga tersebut dibuat sedemikian rupa seolah menerobos beberapa permukaan lantai lokasi wisata ini hingga terlihat pecah.

Hal ini membuat Taman Rekreasi Tlogomas terlihat futuristik dan mempunyai nilai seni tinggi. Taman rekreasi tersebut didirikan pada tahun 1989 dan menjadi taman hiburang yang paling tua setelah Taman Rekreasi Sengkaling.
Tlogomas berlokasi di Jalan Baiduri Pandan Malang. Cukup mudah mencapai tempat tersebut, hanya sekitar 7 km dari pusat kota. Letaknya pun strategis. Dekat dengan terminal Landungsari yang menghubungkan Malang dengan kota Batu.

Taman wisata lembah Dieng atau yang biasa disebut kolam renang lembah dieng adalah sebuah tempat rekreasi yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga, sarana olah raga dan objek wisata edukasi bagi sekolah dan universitas yang mengadakan rekreasi sambil belajar khusunya olah raga renang. Pemandangannya indah,udara nan sejuk, banyak pepohonan serta udara yang bebas polusi, suasana yang nyaman dan jauh dari kebisingan dapat kita temui dikawasan hijau yang terbuka  ditambah dengan latar belakang pemandangan gunung panderman dan gunung semeru membuat taman wisata lembah dieng semakin lengkap.

Taman Wisata Lembah Dieng terletak di Jalan Wisata No. 99 Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Lokasinya hanya 5 kilometer dari pusat Kota Malang, jika ditempuh dengan kendaraan hanya sekitar 15 menit. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1992  di daerah Perumahan Puncak Dieng sebagai sebuah sarana wisata penunjang bagi orang-orang yang bermukim di daerah Perumahan Puncak Dieng maupun kalangan umum. Meski sempat ditutup tahun 1997 dan terjadi bencana longsor pada tahun 2007. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button