Lifestyle

Yang mendengkur, ayo angkat tangannyya ?

14307310181354928941

Mendengkur adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Mendengkur biasa terjadi pada > 3% anak-anak dan 32% dewasa. Seiring bertambahnya usia, timbulnya dengkuran saat tidur akan makin meningkat hingga hampir 50% manusia di atas 60 tahun mengalami hal tersebut. Umumnya, dengkuran lebih banyak terjadi pada saat menghirup napas (inspirasi).

Timbulnya dengkuran merupakan salah satu gejala sindrom obstruktif apnea saat tidur. Pasien yang menderita sindrom tersebut akan mendengkur dengan keras terus-menerus karena mengalami henti napas saat tidur akibat jalan napas yang tersumbat. Meskipun demikian, sebagian penderita obstruktif apnea ada pula yang tidak mengalami dengkuran karena saluran udara mereka tidak beresonansi. Hal ini terutama terjadi pada pasien yang telah melakukan prosedur bedah saluran udara bagian atas untuk memperketat jaringan lunak didaerah tersebut. Selain kecurigaan adanya obstruktif apnea, orang yang mendengkur memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit pembuluh darah. mendengkur adalah bunyi atau suara yang keluar akibat adanya gangguan pada saluran udara yang melewati hidung dan mulut bagian belakang kita. Ketika tertidur nyenyak kita menarik dan menghembuskan nafas, otot dalam saluran udara akan semakin menyempit, lidah akan bergerak ke belakang mulut menuju saluran aliran udara dan bergetar berlawanan dengan langit-langit mulut yang lunak dan anak lidah.

Semakin nyenyak kita tertidur maka otot-otot akan semakin rileks, dan pada kondisi ini tubuh kita akan berusaha lebih keras untuk menghirup udara, saat itulah terjadinya kondisi ngorok atau mendengkur. Kejadian mendengkur pada banyak orang dipicu oleh menyempitnya saluran udara, baik ditenggorokan maupun lubang hidung yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Sebenarnya, suara yang muncul pada orang mendengkur disebabkan oleh getaran yang dibuat oleh udara karena “usahanya” untuk dapat masuk ke dalam tubuh melalui langit-langit mulut, tonsil, uvula, lidah, dan otot-otot yang ada pada tenggorokan. Jika udara yang anda hirup tidak dapat bergerak bebas melalui hodung dan mulut, maka memungkinkan anda untuk mengalami mendengkur saat tidur.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui penyebab mengapa anda tidur mendengkur. Catat pola tidur anda, bisa meminta bantuan anggota keluarga atau menggunakan rekaman visual ketika anda sedang tidur. Hal ini agar bisa diketahui pola dengkuran yang anda alami. Dengan mengetahui pola dengkuran anda, hal tersebut bisa memperjelas penyebab mengapa anda sering mendengkur saat tidur, apa yang membuatnya bertambah parah, dan ini semakin mempermudah penanganan yang akan dilakukan.

Mengonsumsi alkohol, obat tidur, dan obat penenang bisa mengendurkan otot-otot di tenggorokan dan mengganggu pernapasan. Khusus bagi anda yang memang membutuhkan obat tidur dan penenang, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter anda. Hal ini karena ada beberapa jenis obat tidur atau penenang yang bisa membuat anda mendengkur lebih parah.

Getar suara mendengkur saat tidur berasal dari tenggorokan dan ini dikarenakan adanya bagian tubuh yang menghalangi jalan napas ketika anda tidur telentang. Tidur dengan posisi menyamping dapat membantu mencegah hal ini. untuk itu cara mengatasinya dapat mengubah posisi tidur anda, jika anda sudah terbiasa tidur telentang, anda dapat mencoba menggunakan bantal untuk menahan tubuh anda kembali ke posisi telentang, atau anda dapat menggunakan trik bola tenis. Trik ini pada dasarnya adalah menempatkan bola tenis (atau sejenisnya) di punggung anda melalui piyama atau t-shirt anda sehingga ketika anda kembali ke posisi telentang, anda merasa tidak nyaman dan kembali ke posisi menyamping.

Mendengkur mungkin merupakan hasil dari alergi yang anda tidak mengetahuinya. Jika zat yang menyebabkan anda alergi ada pada bantal anda, maka anda akan terus mendengkur tanpa mengetahui apa sebabnya. Cobalah untuk mengganti bantal anda dan pastikan bahwa anda mencuci sarung bantal secara teratur. Jika anda memiliki hewan peliharaan, cobalah untuk menjauhkan mereka dari tempat tidur (dan bantal anda), dan lihatlah apakah ini membuat perbedaan untuk masalah mendengkur anda.

Air membuat sekresi hidung anda lebih lembut dan lebih mudah untuk dihilangkan sehingga membantu anda membuka penyumbatan hidung lebih cepat. Asupan air yang disarankan per harinya adalah 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close