Adilah Salsabila Jadi Juri Lomba Masak Lempah Kuning di Mada Fest 2024

0

Lomba masak lempah kuning menjadi salah satu rangkaian acara pada hari kedua Mada Fest 2024 di Pantai Matras, Sungaliat, Bangka Belitung, Minggu (30/6/2024).

Terdapat 15 peserta dari seluruh daerah di Provinsi Bangka Belitung yang mengikuti lomba masak lempah kuning.

Penilaian tidak hanya berdasarkan rasa, tetapi juga kreativitas dalam presentasi dan keaslian menggunakan bahan-bahan lokal.

Miss Culinary Tourism Indonesia 2023, Adilah Salsabila, menjadi juri lomba masak lempah kuning bersama Owner Rumah Makan Lempah Kuning Puan, Feri Laskari, sebagai ketua juri serta Ketua Pokja 3 PKK Kabupaten Bangka, Yuni Windasari, sebagai anggota juri.

“Tentunya dengan kerja sama tadi dengan Pak Feri dan juga Bu Yuni yang mereka berdua merupakan orang yang expert di dalam bidang memasak ikan lempah kuning. Ada beberapa kategori penilaian, seperti dari higienis, penampilan, dan yang paling utama adalah cita rasa dan nilai gizinya,” ucapnya.

Putri binaan Yayasan El John Indonesia ini mengaku senang ditunjuk sebagai salah satu juri. Menurutnya, lomba masak tersebut dapat memperkenalkan makanan khas dari Bangka Belitung kepada khalayak lebih luas.

“Bukan hanya dari lempah kuning, ada beberapa misalnya kue tradisional ataupun mungkin jajanan khas dari Bangka Belitung yang memang sudah ada dan masih diberdayakan sampai sekarang,” katanya.

Adilah mengatakan, cukup sulit untuk menilai masakan dari para peserta lomba.

“Rasanya enak semua, peserta juga professional, mereka prepare dan juga masak semua olahannya langsung di tempat hari ini. kami bertiga sebagai juri sempat kesulitan karena nilai mereka hampir sama dan mungkin beda-beda tipis saja nilainya,” ujarnya.

Adilah mengaku siap untuk mempromosikan lempah kuning yang menjadi salah satu makanan tradisional khas Bangka Belitung.

“Bahkan tadi saat perlombaan, beberapa peserta sudah bawa resep yang memang turun-temurun dari nenek moyang mereka. Jadi, ini merupakan salah satu ide yang sangat bagus dari kegiatan ini,” ucapnya.

Adilah berharap, lomba lempah kuning dapat terus diadakan setiap tahun dan semakin berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *