Sports

Aksi Steal Mario Wuysang Pastikan Indonesia Masih Tak Terkalahkan di SEABA 2017

Guard senior Indonesia, Mario Wuysang, tampil sebagai pahlawan kemenangan tim nasional (timnas) basket pada laga ketiga kejuaraan SEABA 2017 yang berlangsung di Smart Araneta Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (14/5).

Sebuah aksi mencuri bola alias steal yang dilakukan Mario terhadap Nattakarn Muangboon pada empat detik terakhir pertandingan melawan Thailand memastikan Indonesia belum terkalahkan. Indonesia memenangi pertandingan dengan skor tipis 60-59.

“Hari ini kami menjalani pertandingan yang berat. Pada 6 menit pertama (kuarter kesatu) kami tertinggal 9 poin,” tutur pelatih kepala timnas basket putra, Wahyu Widayat Jati.

“Kami akhirnya bangkit setelah mulai menerapkan zone defense dan lebih agresif saat menyerang. Kami banyak dapat poin dari strategi ini,” kata Wahyu lagi.

Dilansir dari FIBA Live Stats, skuat Merah Putih cuma bisa mencetak 11 poin pada kuarter kesatu, sementara kubu Thailand mengemas 18 poin. Performa Indonesia membaik pada kuarter kedua. Kali ini, Mario dkk mampu mendulang 15 poin atau 4 poin lebih banyak dari Thailand.

Namun, tambahan poin tersebut belum cukup untuk mengubah kedudukan. Indonesia tetap tertinggal saat paruh pertama laga ditutup (26-29). Indonesia akhirnya mendapat momentum pada kuarter ketiga, tepatnya setelah tembakan tiga angka Sandy Febiansyakh menemui sasaran dan mengubah skor menjadi 34-33.

Sandy kemudian berturut-turut menambah keunggulan Indonesia menjadi 40-36 dan 43-37 setelah aksi lay-up dan tembakan tiga angkanya masuk. Indonesia menutup kuarter ketiga dengan skor 45-39 setelah dua tembakan bebas dari Andakara Prastawa Dhyaksa juga masuk.

Thailand mencoba bangkit pada kuarter keempat. Mereka berhasil berbalik unggul 57-56 ketika tembakan dua angka Chitchai Ananti menembus keranjang Indonesia. Setelah itu, kedua tim saling bergantian mencetak angka hingga Indonesia kembali memimpin 60-59 melalui tembakan dua angka Mario.

Thailand sebetulnya masih punya waktu 11 detik untuk menambah poin saat mereka mendapatkan ball possession terakhir. Namun, upaya mereka kandas setelah Mario berhasil mencuri bola dari Muangboon.

“Saat last possession, Thailand bingung karena mereka berpikir kami akan bertahan dengan sistem zone regular, tetapi kami pakai zone match-up,” kata Wahyu.

“Tekanan inilah yang membuat situasi jadi menguntungkan bagi kami dan Mario adalah sosok pemain veteran yang hebat,” ucap Wahyu lagi.

Melalui kemenangan ini, Indonesia terus menjaga tempat di puncak klasemen dengan raihan 6 poin. Sementara itu, Thailand berada di posisi kedua dengan 5 poin. Adapun tim tuan rumah yang juga merupakan unggulan teratas pada SEABA 2017 untuk sementara berada di peringkat ketiga dengan 4 poin. Indonesia akan kembali bertanding pada Senin (15/5/2017) dengan melawan Vietnam. Laga ini dijadwalkan berlangsung pukul 18.00 waktu setempat atau 17.00 WIB.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button