Aman dan Nyaman, Ini 5 Tips Berlibur Bersama Bayi

0

Berlibur dengan membawa bayi pastinya mempunyai tantangan tersendiri karena harus melakukan persiapan dengan ekstra. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar si kecil tetap nyaman, aman, dan menyenangkan saat bepergian.

 Berikut beberapa tips berlibur dengan membawa bayi yang bisa kamu lakukan.

Periksa Kesehatan

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya untuk mengecek kesehatan si kecil. Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter, sehingga bisa mengetahui kesehatan bayi apakah sehat dan aman untuk bepergian atau sedang mengalami gejala penyakit tertentu. Jangan paksakan untuk pergi bila kondisi kesehatan bayi sedang buruk.

Persiapkan Perlengkapan Bayi

Selain kesehatan, kamu juga wajib menyiapkan berbagai perlengkapan bayi, seperti popok, pakaian, tisu basah, minyak telon, obat-obatan, hingga susu atau makanan bayi.

Selain itu, kamu juga bisa membawa boneka atau mainan kesukaannya sehingga bayi merasa senang dan tidak bosan di perjalanan.

Jangan lupa untuk meletakkan barang-barang tersebut di tempat strategis agar tidak kesusahan untuk mengambilnya. Kamu juga bisa memisahkan tas antara barang milikmu dengan barang bayi.

Lakukan Riset

Sebelum bepergian, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu seperti kondisi tempat yang ingin dikunjungi, tempat pemberhentian untuk beristirahat, hotel atau penginapan, dan lainnya. Kamu juga bisa menghubungi terlebih dahulu tempat penginapan untuk memastikan ruangan aman bagi bayi.

Atur Waktu yang Tepat

Pergi berlibur memang menyenangkan, namun kamu juga jangan lupa untuk menyesuaikan waktu bepergian dengan jam tidur bayi. Usahakan untuk tidak mengganggu jadwal tidurnya agar bayi tidak rewel.

Disarankan untuk pergi di pagi atau siang menjelang sore hari. Selain itu, perhatikan jarak tempuh dan waktu selama perjalanan.

Gunakan Transportasi yang Nyaman

Tips liburan selanjutnya adalah memilih transportasi yang nyaman dan aman bagi bayi. Bila menaiki transportasi umum, pastikan terdapat fasilitas yang tersedia, dan memiliki ruang yang lebih aman.

Bila melakukan perjalanan dengan mobil, si kecil bisa duduk di kursi khusus bayi dan jangan lupa untuk mengaitkan sabuk pengaman, sehingga bayi tetap aman di dalam mobil. Selain itu, hindari juga perjalanan yang terlalu berat dan menyulitkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *