5 Hutan di Jakarta yang Cocok untuk Healing

0

Di tengah hiruk pikuk kota, terdapat beberapa titik di wilayah Jakarta yang memiliki hutan kota. Selain menjadi asri, hutan kota kerap digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti olahraga, piknik, healing, dan lainnya.

Berikut beberapa hutan kota yang ada di wilayah Jakarta yang wajib kamu kunjungi.

Hutan Kota GBK

Sumber Foto: Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong

Hutan Kota GBK memiliki tempat yang strategis yakni di Jl. Jenderal Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270. Sehingga banyak warga Jakarta dan sekitarnya mengunjungi Hutan Kota GBK.

Sambil duduk santai di atas hamparan rumput hijau, kamu bisa melihat gedung-gedung pencakar langit yang mengelilingi hutan kota. Selain itu, kamu juga bisa berolahraga dikarenakan tempat tersebut juga tersedia jogging track.

Hutan Kota Bumi Perkemahan Cibubur

Sumber Foto: instagram/buperta_cibubur

Di wilayah Jakarta Timur, terdapat hutan kota yang wajib dikunjungi, yakni Hutan Kota Bumi Perkemahan Cibubur atau dikenal dengan Arboretum Cibubur atau Buperta Cibubur.

Tempat tersebut semakin populer karena bisa berkemah di dalamnya. Kamu akan dikenakan biaya tambahan bila ingin berkemah. Selain itu, kamu juga bisa berolahraga maupun bersepeda.

Hutan Kota Munjul

Sumber Foto: ayoketaman

Masih di wilayah Jakarta Timur, terdapat hutan kota lainnya yang berada di Kecamatan Cipayung, yakni Hutan Kota Munjul. Tempat tersebut berfungsi sebagai hutan kota konservasi dan juga sebagai kawasan resapan air.

Ada berbagai fasilitas yang tersedia, seperti jogging track, toilet, hingga gazebo. Selain itu, hutan kota tersebut menjadi tempat penanaman benih-benih pohon yang nantinya bisa ditanam untuk hutan kota lainnya, serta memiliki area baru yakni Hutan Kota Bambu. Di Hutan Kota Bambu, terdapat 16 jenis pohon bambu yang dilestarikan oleh kelompok tani setempat.

Hutan Kota Srengseng

Sumber Foto: idntimes/instagram/temantaman.jkt

Beralih ke kawasan Jakarta Barat, terdapat Hutan Kota Srengseng yang kerap dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya untuk refreshing. Kamu bisa jalan-jalan santai menikmati suasana hutan kota yang asri, maupun duduk di tepi danau.

Selain itu, kamu juga bisa mancing ikan, olahraga, hingga belajar berbagai jenis pohon yang ada di Hutan Kota Srengseng.

Tebet Eco Park

Sumber Foto: tebetecopark.id

Tebet Eco Park sebelumnya memiliki nama Taman Tebet. Tempat tersebut berlokasi di Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820.

Tebet Eco Park merupakan ruang terbuka hijau yang memiliki area seluas 7,3 hektar. Pada awalnya, terdapat dua kawasan taman yang terpisah dan bersebrangan, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan.

Kini, tempat tersebut menjadi satu taman terpadu yang mempunyai konsep antara fungsi, ekologi, sosial, edukasi, dan rekreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *