Headline News

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkot Magelang Alihkan Arus Dari Luar Kota

Pemerintah Kota Magelang menutup akses jalan protokol menuju pusat Kota Magelang guna mencegah meluasnya penularan virus corona (Covid-19).

Penutupan mulai sisi selatan tepatnya di persimpangan Hotel Trio atau Artos Mal dan sisi utara di persimpangan Kebonpolo.

Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono menjelaskan, penutupan ini bertujuan untuk mengurangi pendatang dan kedatangan kendaraan dari luar menuju area dalam kota.

“Ini bagian upaya kita untuk memutus penyebaran virus corona. Kita tutup total jalan protokol untuk sementara ini”, ujar Joko, Selasa (31/3/2020)

Joko melanjutkan, warga yang hendak ke Kota Magelang dipersilakan memilih jalur alternatif yang sudah diarahkan petugas.

“Kita coba seminggu kedepan, selanjutnya akan kita evaluasi,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Singgih Indri Pranggan mengatakan, penutupan sudah dilakukan sejak Senin (30/3/2020) sore pukul 15.00 WIB. Dikatakan, penutupan ini sifatnya pengalihan sebagian arus saja yang masuk ke dalam kota.

Dia menuturkan, penutupan jalan dilakukan dengan pemasangan barier atau barikade. Kendaraan yang datang dari persimpangan Trio atau Artos (arah Yogyakarta) bisa langsung belok kiri menuju kawasan Pakelan atau belok kanan menuju jalur lingkar Jalan Urip Sumoharjo.

“Sedangkan yang dari Utara langsung belok kiri menuju jalur lingkar Jalan Urip Sumoharjo,” jelasnya.

Ia menegaskan, penutupan hanya di dua ruas jalan protokol, yakni jalan A Yani dan Jalan Jenderal Sudirman. Khusus untuk warga lokal bisa melalui jalur lain yang tetap dibuka, seperti Terminal Kebonpolo.

“Penutupan atau pengalihan arus ini semata upaya kita memutus penyebaran virus corona di Kota Magelang. Kami harapkan masyarakat kalau tidak ada aktivitas mendesak tidak usah keluar rumah,” tegasnya. (Sumber Pemkot Jateng)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close