Headline NewsSportsTourism

AP I Group dan IMI Teken MoU Untuk Kembangkan Sport Tourism

PT Angkasa Pura I (Persero), melalui dua anak perusahaannya PT Angkasa Pura Hotel dan PT Angkasa Pura Logistik, menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mendukung automotive-sport tourism dan berbagai kegiatan Ikatan Motor Indonesia lainnya.

Penandatanganan dua MoU tersebut dilakukan antara Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura Hotel Bendady H. Pramono dan Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah yang disaksikan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi di Jakarta (9/6/2021)

“Penandatanganan dua nota kesepahaman ini merupakan landasan awal untuk melakukan kerja sama lebih lanjut terkait pemanfaatan layanan yang dimiliki Angkasa Pura Hotel dan Angkasa Pura Logistik oleh Ikatan Motor Indonesia. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini akan mendukung  automotive-sport tourism melalui rencana penyelenggaraan event otomotif tingkat nasional dan internasional di Indonesia dan berbagai kegiatan IMI lainnya,” ujar Bambang Soesatyo usai menandatangani MoU antara IMI dengan Angkasa Pura Hotel dan Angkasa Pura Logistik di Jakarta, Rabu 9 Juni.

Turut hadir direksi PT Angkasa Pura I Group, antara lain Direktur Utama PT Angkasa Pura I  (Persero) Faik Fahmi dan Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto. Pengurus IMI Pusat yang hadir antara lain Badan Pengawas Kombes Pol Syamsul Bahri dan Jeffry JP,  Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Judiarto, Plt Wakil Ketua Umum Olahraga Motor Eddy Saputra, Hubungan Antar Lembaga Junaedi Elvis, Direktur Keanggotaan Nasrul Fuad serta Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho.

Adapun lingkup nota kesepahaman Angkasa Pura Hotel dengan Ikatan Motor Indonesia meliputi penggunaan fasilitas yang dimiliki Angkasa Pura Hotel seperti hotel, lounge (Concordia Lounge), food and beveragesPremium Airport Special Service (PASS), dan travel management (layanan tiket dan akomodasi) untuk anggota, atlet, dan yayasan yang dikelola IMI.

Sementara itu, nota kesepahaman Angkasa Pura Logistik dengan Ikatan Motor Indonesia meliputi pengangkutan, penyimpanan , dan kepengurusan kepabeanan kendaraan bermotor, suku cadang, bahan-bahan pendukung bagi pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor untuk keperluan olahraga prestasi otomotif dan kegiatan pariwisata otomotif (baik melalui darat, laut, dan udara).

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menuturkan, pelaksanaan mengenai kedua ruang lingkup yang tertuang dalam nota kesepahaman tersebut, termasuk ketentuan harga, kesepakatan komersial, dan ketentuan teknis lainnya, akan dirumuskan lebih lanjut dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IMI dengan PT Angkasa Pura Hotel dan PT Angkasa Pura Logistik. Satu hal yang pasti, pemilik kartu anggota IMI akan mendapatkan banyak diskon dan berbagai kemudahan lainnya dalam menggunakan berbagai jasa hospitality dari Angkasa Pura Hotel dan Angkasa Pura Logistik.

“IMI dan Angkasa Pura I memiliki komitmen yang sama untuk saling bergotong royong mengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak guna menciptakan nilai tambah dan produktivitas. Sehingga dari sisi IMI, bisa mendapatkan kemudahan pelayanan. Sementara dari sisi Grup Angkasa Pura I, bisa membantu perkembangan dan keberlanjutan bisnis usaha mereka,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, melalui kerja sama tersebut, IMI dan Grup Angkasa Pura I turut bergotong royong memajukan automotive-sport tourism di berbagai daerah Indonesia. Mengingat kesuksesan penyelenggaraan kejuaraan otomotif, baik dalam skala nasional maupun internasional, tidak hanya terjadi di atas lintasan balap saja, melainkan dimulai dari penyambutan dan pelayanan para atlet serta official team, sejak kedatangannya di bandara.

“Angkasa Pura I memiliki kapasitas dan kualitas untuk memberikan hospitality, sehingga bisa mengembangkan bandara sebagai pusat pengembangan ekonomi daerah. Turut menjadikan bandara sebagai wajah depan Indonesia, yang dapat memberikan kesan mendalam. Khususnya, kepada para atlet internasional yang akan bertanding dalam berbagai kejuaraan di Indonesia,” pungkas Bamsoet.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, “Angkasa Pura I menyambut baik dan mendukung penuh langkah awal kerja sama ini melalui anak perusahaan. Hal ini seiring dengan strategi perusahaan dalam mendukung kebangkitan pariwisata daerah melalui berbagai rencana event yang diadakan pada masa adaptasi kebiasaan baru, termasuk perhelatan kejuaraan otomotif tingkat nasional dan internasional yang didiukung oleh IMI,” ujar Faik Fahmi.

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura Hotel Bendady Pramono menjelaskan, “Penandatangan MoU ini bertujuan untuk memfasilitasi seluruh anggota IMI, atlet hingga yayasan yang dikelola IMI untuk dapat menikmati layanan dan fasilitas yang dimiliki oleh Angkasa Pura Hotel. Bagaimanapun juga di masa pandemi ini kami terus berusaha meningkatkan pelayanan agar terus dapat dinikmati oleh para pengguna jasa bandara,” ucapnya.

“Kolaborasi merupakan salah satu komponen penting dalam menciptakan hubungan bisnis yang kuat, dengan layanan logistik APLOG yang telah terintegrasi dari first mile sampai dengan last mile serta keakuratan dan ketelitian dalam kegiatan pengangkutan, penyimpanan sampai dengan custom clearance, kami siap berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada IMI,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah.

Berdasarkan data IMI, pada 2021 ini, di Indonesia akan diselenggarakan dua kali kejuaraan balap internasional, yaitu FIM World Superbike Championship di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 12-14 November 2021 dan Kejuaraan Dunia Motocross-MXGP di kawasan Borobudur, Jawa Tengah pada 28 November 2021, dilanjutkan di Jembrana, Bali pada 5 Desember 2021. Sedangkan pada Maret 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Direncanakan juga menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 dan World Rally Championship (WRC) 2023, di Medan, Sumatera Utara.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close