Headline News

Aplikasi 10 Rumah Aman Diluncurkan Untuk Lawan Covid-19

Berbagai cara dilakukan Pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus Covid-19 (Corona), salah satunya dengan diluncurkannnya aplikasi 10 Rumah Aman. Aplikasi ini diluncurkan oleh Kepala Staf Kantor Presiden (KSP) Moeldoko dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo)  Johnny G. Plate di tempat terpisah, Selasa (31/3.2020).

Aplikasi 10 Rumah Aman merupakan kolaborasi perusahaan anak negeri dari berbagai sektor yaitu WIR Group, COMPRO, Prixa.ai, Disrupto serta perusahaan komunikasi dan konten anak negeri, Kennedy Voice Berliner (KVB).

Melalui video conference, Kepala KSP Moeldoko, aplikasi ini didesain secara sederhana, mudah dan berbasis komunitas. Tujuannya agar bersama-bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Dengan cara sederhana yaitu dimulai dari rumah kita masing-masing, kemudian yang terdekat dengan rumah kita, yaitu rumah depan, kiri, kanan, belakang, dan sekitarnya,“ kata Mantan Panglima TNI ini.

“Bisa diterapkan dengan cepat, di mana saudara-saudara kita yang selama ini sulit untuk #diRumahSaja dapat terbantu untuk berada di rumah. Kemudian secara bersama kita mengalahkan Covid-19,” tambahnya.

Menurut Moeldoko, menghentikan penyebaran Covid-19 tidak dapat dilakukan dengan sendiri-sendiri, harus ada kerja sama yang solid. Melalui aplikasi inilah, kerja sama itu dibangun agar hasilnya dapat efektif.

“Dengan langkah-langkah yang ada dalam aplikasi, segala lapisan masyarakat di seluruh tanah air, dari desa, kabupaten, kota, provinsi dengan dukungan pimpinan daerah dan pihak-pihak terkait perlu menerapkan 10 Rumah Aman,” tutur Moeldoko.

Sementara itu, Menkomindo Johnny G. Plate mengapresiasi diluncurkannya aplikasi ini dan mendukung upaya KSP dalam mencegah wabah Covid-19. Johnny optimis aplikasi 10 Rumah Aman ini, dapat optimal karena menggunakan  teknologi Artificial Intelligence (AI).

Teknologi AI menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler dan terhubung dengan platform media sosial.

“Aplikasi 10 Rumah Aman mengoptimalkan teknologi Artificial Intelligence untuk membantu masyarakat memeriksa secara mandiri menggunakan alat diagnosis berbasis AI dan melihat peta untuk menghindar dari paparan Covid-19,” jelasnya dalam teleconference dari kediaman di Jakarta Selatan.

Menurut Menkominfo aplikasi ini sangat mendukung masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya di rumah, mulai dari bekerja, belajar hingga beribadah di rumah. Selain itu, aplikasi ini juga sebagai untuk selalu menjaga jarak, hindari kerumunan dan selalu hidup sehat serta bersih.

Aplkasi memiliki beragam fitur, yakni Cek Suhu Tubuhmu, jadi pejuang aman, info untuk kesehatanmu, seputar Covid-19, cek kesehatanmu di sini, WhatsApp Covid-19 dan  pantau peta suhu tubuh di sekitarmu.

Aplikasi dapat di download  di google play store Pada bagian beranda aplikasi, Anda mesti melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengklik kolom “Daftar Sekarang” di bagian paling atas.

Lalu anda diharuskan untuk mengisi form yang berisi alamat email, kata sandi, nomor ponsel
nama, alamat, lokasi tempat tinggal, kondisi tubuh. Pada bagian ini Anda diharuskan memasukkan suhu tubuh secara manual menggunakan termometer.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close