BusinessDestinationEconomicTourism

Australia Dukung Pengembangan 10 Destinasi Prioritas Bali Baru

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson berkomitmen untuk membantu meningkatkan pariwisata Indonesia, oleh karena itu Pemerintah Australia meneken kerjasama pariwisata dengan Indonesia. Komitmen ini didapat ketika sedangberdiskusi dengan Menteri Koordinator Kelautan Indonesia, yaitu Luhut Pandjaitan, di Jakarta, pada Senin 17 Juli 2017.

Dia mengumumkan bahwa Australia akan mengalokasikan dana melalui Bank Dunia untuk membantu pengembangan 10 Bali baru.

“Kami berbicara terutama tentang pariwisata dan masterplan yang kami dukung melalui Bank Dunia untuk membantu Indonesia dengan rencana pariwisata,” ujar Grigson.

“Kami berbicara tentang bagaimana kita bisa bekerja sama dengan Indonesia dalam mengembangkan 10 Bali baru yang ditemui oleh Presiden Joko Widodo,” lanjutnya.

Melalui draft dokumen dari Bank Dunia menunjukkan bahwa Indonesia mencari pinjaman $ US180 juta untuk awalnya pengembangan tiga lokasi sebagai hotspot pariwisata baru dan tambahan $ US570 juta dari Bank Dunia.

Lokasinya adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Lombok di Nusa Tenggara Barat, dan situs candi Borobudur di Yogyakarta, Jawa Tengah.

Dari draft yang didapat, Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk mengubah ekonomi Indonesia dengan penggunaan sektor pariwisata sebagai salah satu pendorong pertumbuhan utama.

Dilansir dari ABC News, dokumen tersebut tidak menyatakan jumlah dana yang diberikan oleh Pemerintah Australia. Indonesia sendiri melalui Kemenpar berencana untuk meningkatkan kedatangan wisatawan internasional dari 9 juta menjadi 20 juta antara tahun 2014 dan 2019 dan meningkatkan pariwisata dari 4 persen menjadi 20 persen dari PDB pada periode yang sama.

Dari draft dokumen tersebut ada empat kendala utama dalam hal ini, termasuk infrastruktur dan layanan yang buruk, tenaga kerja pariwisata yang terbatas, lingkungan yang lemah untuk investasi swasta, dan lembaga pemerintah yang lemah.

Untuk itulah pentingnya dampak lingkungan dan sosial yang potensial terkait dengan pembangunan dan persoalan seperti transmigrasi dan perencanaan untuk masyarakat adat. Pemerintah Indonesia juga mengatakan agar menginginkan Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di dekat Jakarta, dan Tanjung Kelayan di Belitung untuk untuk ikut serta dikembangkan pada kesempatan berikutnya.

Bank Dunia juga mencatat untuk membangun kesuksesan besar di Bali, investasi infrastruktur baru termasuk bandara, jalan tol dan pelabuhan yang dibutuhkan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button