Headline NewsSports

Babak 8 Besar EURO 2016, Perancis vs Islandia (5-2)

Kejutan Islandia di Euro 2016 akhirnya harus berakhir juga pada babak perempatfinal. Mereka harus menyerah kalah dari Perancis. Sang tuan rumah menang besar dengan skor 5-2. Meski kalah Islandia tetap memberi perlawanan sengit.

Hasil ini membuat Perancis akan menantang Jerman pada babak semifinal.

Perancis benar-benar menunjukkan kelasnya pada pertandingan ini. Pasukan Didier Deschamps tampil dominan meskipun tidak bisa menampilkan Adil Rami dan N’Golo Kante yang absen karena akumulasi kartu kuning. Sementara Islandia nampak kesulitan mengembangkan permainan karena terus ditekan.

Empat gol berhasil dicetak Perancis pada paruh pertama pertandingan. Gol pertama terjadi pada menit ke-12. Blaise Matuidi memberikan umpan akurat yang disambar dengan eksekusi matang Olivier Giroud. Stade de France bergemuruh menyambut gol ini.

Gol Giroud menandai dominasi pertandingan babak pertama. Usai gol tersebut, Perancis mampu menggandakan keunggulan dari gol sundulan kepala Paul Pogba memanfaatkan sepak pojok Antoine Griezmann menit ke-20. Les Blues menambah dua gol lagi pada lima menit terakhir pertandingan.

Menit ke-42, Dimitri Payet menyambar umpan Griezmann untuk menjadi gol indah. Tiga menit berselang, giliran Griezmann yang membobol gawang Islandia melalui aksi cantiknya mengelabuhi kiper. Skor 4-0 mengiringi Perancis masuk ruang ganti.

Islandia sempat mengejutkan Perancis melalui gol Sigthorsson pada menit ke-56. Namun, Prancis langsung memberikan reaksi. Hanya tiga menit berselang Prancis kembali menjauh dari gol kedua Olivier Giroud. Penyerang Arsenal ini menyundul bola kiriman Payet.

Skor 5-1 membuat Prancis mulai menurunkan intensitas pertandingan tanpa mengurangi dominasi dalam penguasaan bola. Deschamps menarik beberapa pemain pilarnya untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa membuat mereka absen pada pertandingan semifinal.

Sementara itu, Islandia tidak terlihat menurunkan permainan mereka. Semangat negeri berpenduduk 300 ribu jiwa ini layak mendapat apresiasi lebih. Hasil bagus mampu mereka ukir pada menit ke-84. Bjarnason mampu menyundul umpan Skulason untuk menembus gawang Hugo Lloris.

Meski Islandia terus menyerang pada sisa waktu pertandingan, skor 5-2 terus bertahan hingga pertandingan berakhir. Perancis lolos ke semifinal, sementara Our Boys julukan Islandia meski tersingkir telah tampil dengan gagah berani di ajang EURO 2016 ini.

Perancis: Lloris; Sagna, Umtiti, Koscielny (Mangala 72′), Evra; Matuidi, Pogba; Sissoko, Griezmann, Payet (Coman 80′); Giroud (Gignac 60′).
Pelatih : Didier Deschamps

Islandia: Halldorsson; Saevarsson, R. Sigurdsson, Arnason (Ingason 46′), Skulason; Gudmundsson, Gunnarsson, G. Sigurdsson, B. Bjarnason; Bodvarsson (Finnbogason 46′), Sigthorsson (Gudjohnsen 83′).
Pelatih : Lars Lagerback

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button