EconomicHeadline News

Bangkitkan Industri Kreatif, Jakpreneur Binaan Disparekraf DKI Ikuti Jumat Beli Lokal

Tidak dipungkiri UMKM merupakan salah satu yang paling terkena dampak COVID-19. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, sebanyak 30 juta atau 48,6% pelaku UMKM gulung tikar karena menurunnya permintaan akibat terbatasnya aktivitas usaha. Untuk itu, dibutuhkan berbagai upaya dan dukungan Pemerintah guna membantu dan membangkitkan industri UMKM. Salah satunya, dengan membantu dalam hal pemasaran.

Sebagai langkah menggeliatkan kembali UMKM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut memfasilitasi pemasaran produk bagi anggota yang tergabung dalam Jakpreneur melalui event Jumat Beli Lokal yang diselenggarakan secaran daring. Jakpreneur binaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta pun ikut terlibat sebagai bagian dari upaya membangkitkan industri kreatif lokal di Ibu Kota.

Plt Kepala Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, menyampaikan, pada edisi perdana Jumat Beli Lokal yang diadakan pekan lalu, Jumat (10/9/2021), terdapat 6 binaan yang mengikuti program tersebut. Sedangkan, pada hari ini, Jumat (17/9/2021), terdapat 7 binaan yang mengikuti Jumat Beli Lokal.

“Keterbatasan ruang gerak karena pandemi COVID-19 tidak menghambat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk tetap memberikan berbagai upaya dalam membantu pelaku-pelaku industri subsektor ekraf yang berbasis produk fisik seperti subsektor kuliner, kriya, dan fashion dalam segi pemasaran. Kemudahan akses pemasaran produk secara digital harus bisa dimanfaatkan, salah satunya dengan diselenggarakannya Jumat Beli Lokal,” ungkapnya di Kantor Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Selatan, pada Jumat (17/9/2021).

Keikutsertaan binaan dalam Jumat Beli Lokal ini juga sebagai bentuk manfaat yang bisa dirasakan oleh anggota Jakpreneur. Selain itu, pelaku ekonomi kreatif yang menjadi anggota Jakpreneur juga mendapatkan manfaat lain, seperti pelatihan, pendampingan, pengembangan usaha, dan akses permodalan.

Lebih lanjut, Gumilar berharap, dengan adanya Jumat Beli Lokal ini, masyarakat dapat semakin dekat dengan berbagai produk industri kreatif lokal dan membelinya. Sehingga, dapat membantu dan memberikan semangat para pelaku industri kreatif lokal untuk bangkit di tengah pandemi COVID-19.

Salah satu produk binaan Disparekraf Provinsi DKI Jakarta yang mengikuti event Jumat Beli Lokal adalah Dcraft Indonesia yang menjual berbagai alat makan berbahan 100% kayu. Untuk produk lainnya dari binaan Jakpreneur Disparekraf Provinsi DKI Jakarta bisa dibeli melalui tautan berikut : https://tokopedia.link/jakpreneurofficial.

Disparekraf Provinsi DKI Jakarta juga masih membuka kesempatan bagi pelaku usaha yang ingin tergabung menjadi anggota Jakpreneur. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengunjungi tautan https://linktr.ee/ekrafjkt.

“Mari bergabung dengan Jakpreneur untuk mendapatkan berbagai fasilitas yang dapat menunjang usaha. Produk kreatif lokal tidak kalah saing dengan produk-produk luar negeri. Dibutuhkan dukungan masyarakat untuk sama-sama membantu memajukan produk lokal Indonesia, khususnya di Jakarta,” pungkasnya. (Sumber PPID DKI Jakarta)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button