Travel

Yuk ke Banten! Ada Festival Suku Baduy 2016

Provinsi Banten menyimpan potensi wisata yang mengagumkan. Di provinsi paling barat Indonesia ini memiliki beragam wisata andalan, mulai dari alam, budaya, kuliner hingga sejarah. Untuk membangkitkan pariwisata Banten sejumlah pemebenahan, promosi dan even dilakukan. Seperti misalnya, baru – baru ini Banten akan menggelar sebuah acara bertajuk Festival Baduy 2016.

”Ini untuk pertama kalinya kami mengadakan Festival Baduy 2016, kami memancing wisatawan untuk datang ke Banten khususnya Lebak juga sekalian bisa menengok Tanjung Lesung yang indah yang kami miliki, semoga ini debut yang baik untuk Festival Baduy,” ujar Panitia Pelaksana Festival Baduy 2016, Arman Bin Kaipin.

Perhelatan itu rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2016 di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Arman juga menjelaskan bahwa acaranya tersebut juga akan didukung branding nasional milik Kemenpar yakni Pesona Indonesia.

”Target utamanya kehadiran wisatawan dan meningkatnya ekonomi kreatif kami, karena kami memiliki banyak kerajinan tangan yang berkelas dunia,” ujar pria yang juga tokoh Desa Kanekes itu.

Seperti dikutip dari laman Kemenpar, Arman mengatakan, dalam acara tersebut, akan digelar berbagai kegiatan yang menarik. Diantaranya adalah, pagelaran seni dan budaya, pameran-pameran produk buat masyarakay Baduy, pemecahan rekor menenun, kerajinan produk Baduy, pembangunan Gerbang Baduy, dan sosialisasi digital marketing di Baduy.

”Budaya Baduy sangat menarik untuk wisatawan, ini salah satu kekuatan kami, Tanjung Lesung pantai yang indah dan alam yang mempesona, jika ingin lihat budayanya bisa kunjungi Baduy,” ujarnya bangga.

Sekadar informasi, Suku Baduy di pedalaman Banten lebih senang menyebut diri mereka sebagai urang Kanekes. Banten yang kita kenal selama ini ternyata tidak hanya memiliki kekayaan alam yang luar biasa indah. Namun jika kita masuk lebih dalam, kita akan menjumpai masyarakat adat yang unik. Masyarakat adat ini tinggal di perbukitan yang merupakan bagian dari pegunungan Kendeng dengan ketinggian hingga 600 mdpl.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close