FashionHeadline NewsMarine Tourism

BE-X Beri Harapan Baru Bagi Start-up Lokal untuk Berakselerasi

Badan Ekonomi Kreatif melakukan sosialisasi program akselerasi start-up BE-X di Hotel Condotel Karebosi, Makassar pada 25 Oktober 2018. Makassar merupakan kota ketiga diselenggarakannya sosialisasi BE-X setelah Jakarta dan Medan.

“Makassar dipilih menjadi salah satu lokasi diadakannya sosialisasi program BE-X, melihat pada data, ada beberapa daerah di mana start-up Indonesia berkembang dan  pusat inkubasinya juga besar. Dan dari data tersebut Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Yogyakarta merupakan daerah kantong-kantong start-up.  Oleh karena itu, kami memilih Makassar karena dapat mewakili Indonesia bagian timur. “ujar project manager BE-X, Eka Rangga Perwita.

BE-X sendiri merupakan program akselerasi bagi start-up Indonesia, nantinya dipilih 10 tim yang akan mendapatkan fasilitas mentoring, akses jaringan bisnis dan akses permodalan. Menurut Rangga, ada lebih 120 peserta yang mendaftar untuk mengikuti sosialisasi BE-X ini, namun sayangnya beberapa dari mereka belum tahu betul mengenai start-up itu sendiri.

“Target program ini adalah pelaku start-up yang memang sudah berjalan dan ingin melangkah lebih jauh, tapi dari beberapa yang hadir masih ada yang belum paham. Jadi melalui sosialisasi ini kami sekaligus menginformasikan lebih detail bahwa program ini ditujukan bagi start-up yang memang sudah punya tim dan siap untuk menjadi lebih besar.”

Seperti contohnya Kurata (30), peserta sosialisasi BE-X ini telah memiliki start-up dengan nama Kerjakan.com yaitu sebuah platform digital yang dapat mempertemuakan Usaha Kecil Menengah dengan penulis, desain grafis dan videographer.

“mengikuti acara ini, karena usaha saya masih baru, jadi masih ingin belajar, berharap mendapatkan mentoring dan funding. Selain itu, Bekraf merupakan lembaga pemerintah, semoga program ini bisa berkelanjutan dengan adanya jaringan-jaringan bisnis lainnya. Ujar Kurata.

Senada dengan Kurata, Ovat (23), peserta start-up yang memiliki usaha dalam bidang desain dan seni rupa ini mengakui bahwa keikutsertaannya dalam sosialisasi BE-X ini karena sangat tertarik untuk menjadikan usahanya lebih besar dan berharap bisa membuka lapangan kerja baru.

“mimpi saya jika start-up yang saya miliki ini menjadi lebih besar, bisa merekrut teman-teman yang lain yang masih kesulitan mencari pekerjaan dan mengembangkan hobi yang menghasilkan uang”

Banyaknya program inkubasi maupun akselerasi start-up yang ada membuat langkah pemerintah untuk mengembangkan ekosistem start-up menjadi lebih mudah. Antusiasme start-up lokal untuk ikut mengambil bagian dan bisa terus bertumbuh juga meningkat. Hal ini diharapkan bisa semakin mendorong perekonomian di Indonesia dan mempersiapkan pelaku ekonomi kreatif dalam menghadapi persaingan bisnis di era revolusi industry 4.0.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, Bekraf berharap peserta start-up yang hadir dapat menyebarluaskan informasi ini kepada ekosistem start-up yang masih belum mengetahui program BE-X, untuk selanjutnya bisa ikut mengambil bagian dalam program ini sehingga bisa ikut berkontribusi dalam perkembangan perekonomian di Indonesia, khususnya dalam sektor ekonomi kreatif. (Sumber Bekraf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close