Destination

Benteng Fort Rotterdam Makassar, Saksi Sejarah Pelaut Sulawesi Yang Tangguh

Kota Makassar tidak hanya memiliki wisata bahari dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi, tetapi juga mempunyai jejak-jejak sejarah yang akan membawa kita menyelami Makassar tempo dulu. Salah satu objek wisata yang sarat nilai sejarah ini adalah Museum La Galigo. Museum La Galigo terdapat di dalam kawasan Fort Rotterdam alias Benteng Ujung Pandang yang berhadapan dengan Pantai Losari. Untuk mencapai lokasi tersebut, dengan kendaraan roda dua atau empat, dibutuhkan waktu cukup lima menit dari Pelabuhan Makassar, atau sekitar setengah jam dari Bandara Hasanuddin.

Museum ini didirikan tahun 1676 oleh pemerintah Belanda pada masa pendudukannya di kota ini. Awalnya, Museum La Galigo adalah tempat kediaman Gubernur Jenderal Belanda Cornelis Speelman. Semula, Museum La Galigo ini terdiri atas rumah-rumah kayu dengan arsitektur tradisional Makassar dengan berdenah segi lima yang terdiri dari lima bastion dan dua pintu keluar. Pintu besar terdapat di sebelah barat, menghadap ke laut (Pantai Losari) dan pintu kecil terdapat di sebelah timur.

Sebelum museum ini diserahkan pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada 1970, yakni tahun 1950-1969, museum ini digunakan sebagai tempat permukiman anggota TNI dan sipil. Bagi Anda yang mengunjungi museum ini, banyak benda peninggalan sejarah yang dapat ditemukan, misalnya, foto-foto hitam putih Benteng Rotterdam tempo dulu yang akan membawa kita melintasi waktu ke masa lalu. Di tempat ini pula kita dapat melihat Benteng Rotterdam secara keseluruhan pada miniatur yang tersimpan di dalam kaca.

Selain itu, terdapat juga sejarah Sulsel mengenai pelautnya yang tangguh serta motto pelaut Sulsel. Juga termasuk peta topografi, bahasa, suku bangsa, serta berbagai macam perahu tradisional dan rumah-rumah tradisional khas Bugis Makassar. Pada lantai dua dari museum ini, akan dijumpai alat tenun serta hasil tenunan khas Sulsel, alat-alat bercocok tanam, serta hasil pertaniannya. Selain itu, juga akan ditemukan patung-patung yang terpajang rapi dengan memakai busana adat daerah dan pakaian pengantin Sulsel.

Oleh karena itu, bagi yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Makassar, Museum La Galigo yang berada di dalam Kawasan Fort Rotterdam yang asri dan menyimpan sejarah itu, dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi wisata ini sangat cocok untuk sekedar bersantai dan dengan keluarga atau sahabat, sebab di samping dapat merambah jejak sejarah di museum, Anda juga dapat menikmati semilir angin Pantai Losari, bunga-bunga yang bermekaran, serta hamparan rumput hijau di sekeliling kawasan Fort Rotterdam.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button