BusinessDestinationLifestyleTourism

Berau Akan Dipromosikan Sebagai Destinasi Wisata Halal

Pengembangan pariwisata sudah menjadi perhatian serius bagi para pemerintah daerah. Salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat sehingga harus memicu wisatawan untuk datang, untuk itu pemkab berusaha untuk mempromosikan Kabupaten Berau sebagai destinasi wisata halal.

Bupati Berau yaitu Muharram melakukan kunjungan temu bisnis wisata halal kedua yang digelar oleh Halal Travel Konsorsium (HTK) dan Asosiasi Travel Halal Indonesia (Athin) yang berlangsung di Ballroom Hotel Balairung Jakarta pada Sabtu 10 Juni 2017. Disitu Berau dan Pemkot Padang mendapatkan undangan khusus untuk mempromosikan keunikan pariwisata masing-masing daerah.

Bupati Muharram yakin dengan mempromosikan branding wisata halal akan meningkatkn kunjungan wisatawan ke Berau, untuk itu dengan menghadiri acara tersebut bisa memasukan Berau kedalam daftar wisata halal nasional.

“Kami di Kabupaten Berau memiliki visi yang salah satunya menjadikan kabupaten yang relegius dan ini kami menilai sangat pas dengan visi kami melalui wisata halal,” tukas Muharram.

Bupati Muharram menghadiri dengan ditemani oleh Wakil Bupati Agus Tantomo beserta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau yaituMappasikra Mappaseleng. Muharram menjelskan bahwa kabupaten Berau sendiri memiliki mayoritas penduduk muslim sekitar 85% yang tersebar di seluruh destinasi wisatanya.

Oleh karena itu sudah ada dukungan dalam mewujudkan destinasi wisata halal. Baik kuliner halal maupun ketersediaan fasilitas dalam mendukung wisatawan muslim untuk mengunjunginya.

“Selanjutnya bagaimana kita mengemas dengan baik, sehingga wisatawan non muslim pun tetap mendapat fasilitas yang baik dan juga dapat menyesuaikan,” ungkapnya.

Ini merupakan konsep percepatan strategis terkait pengembangan wisata halal apalagi saat ini, seiring dengan perkembangankemajuan umat Islam hal ini memicu umat Islam yang ingin mengunjungi destinasi wisata tidak ragu ragu untuk berwisata.

“Dengan menjual brand wisata halal saya berkeyakinan wisatawan muslim dari dalam dan luar negeri, seperti dari Malaysia, Brunei maupun dari timur tengah akan datang dan menambah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Berau,” jelas Muharram.

Wakil Bupati Agus Tantomo, dalam kesempatan juga ikut memaparkan potensi wisata Kabupaten Berau yang memiliki potensi di tiap destinasinya yang beda dari yang lain. Berau memiliki destinasi lengkap mulai dari pedalaman, pesisir hingga kepulauan. Begitu juga dengan wisata budaya, sejarah, wisata regili, kuliner hingga ekonomi kreatif yang semakin berkembang. “Berau memiliki destinasi yang lengkap dengan keunikannya,” ucapnya.

Dalam mendukung aksesibilitas menuju ke destinasi wisata dengan didukung keberadaan Bandara Kalimarau di ibu kota kabupaten, selain itu kini sudah beroperasinya Bandara Pulau Maratua yang pada hari senin 12 Juni 2017 sudah mulai dilayani penerbangan reguler, sehingga wisatawan akan mudah menjangkau objek wisata Kabupaten Berau.

“Kemudahan untuk menjangkau destinasi wisata kini didukung dengan beroperasinya bandara di Pulau Maratua,” jelasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button