Headline NewsTechTechnology

Berlangsung Spektakuler, Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Games 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka pesta olahraga negara-negara Asia, Asian Games XVIII Tahun 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu malam, 18 Agustus 2018.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Asian Games ke-18 tahun 2018, saya nyatakan dibuka,” kata Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakhiri kata sambutannya.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan merasa bangga atas nama seluruh rakyat Indonesia, bangga dan merasa terhormat kedatangan tamu-tamu terhormat dari 45 negara.Melalui Asian Games XVIII, lanjut Presiden, bangsa-bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa semua bersaudara.

“Dalam Asian Games ke-18 , kita bangsa-bangsa se-Asia ingin mengunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi,” tutur Presiden.

Sebelum Presiden Jokowi membuka acara tersebut, penyanyi Tulus dan Cakra Khan memimpin hadiri menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selanjutnya Ketua INASGOC Erick Tohir menyampaikan laporan, disusul oleh Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syekh Ahmad Al Fahad Al Sabah.

Pembuka pesta olahraga terbesar se-Asia itu, benar-benar spektakuler. Acara ini melibatkan 5.500 pengisi acara dan 141 musisi. Dalam pembukaan ini, juga ditampilkan 21 tarian nusantara. Salah satu tarian yang bikin kagum penonton adalah Tari Saman dari Aceh. Ada 1.500 penari yang ikut bagian dalam penampilan tersebut. Para penari saman pun membentuk berbagai formasi salah satunya adalah bendera merah putih yang begitu apik dilihat dari atas.

Sebagai penampilan pertama upacara pembuka Asian Games 2018, penampilan ribuan penari ini sontak menjadi trending di media sosial twitter.Pengguna Twitter pun merasa bangga dan terharu melihat penampilan mereka. Para penari maupun pengisi acara lainnya tampil dipanggung, yang dekorasinya menampilkan kekayaan alam Indonesia.

Setelah penampilan tarian Saman kolosal berakhir, para atlet dan ofisial kontingen dari 45 negara satu demi satu masuk ke lapangan melakukan defile.

Sementara itu, musisi yang ikut memeriahkan perhelatan akbar ini yakni Anggun C Sasmi yang sudah ternama di kancah Internasional, dan tidak ketinggalan Raisa, Tulus, Via Vallen, Ariel NOAH, Rossa, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Rinni Wulandari, Wizzy, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, dan Kamasean.

Adapun Asian Games 2018 merupakan Pesta Olahraga Asia ke-18 yang diselenggarakan di dua kota utama, Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018. Pesta olahraga terbesar di Asia ini diikuti kurang lebih 15 ribu atlet dari 45 negara yang berlaga dalam 40 cabang olahraga.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close