Headline News

Besok Ada Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan kegiatan wisata budaya, Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016. Beliau pun memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan tersebut dalam rangka mengingatkan kembali dan memahami makna perjuangan Ibu Kartini untuk kaum perempuan Indonesia, khususnya di Jakarta.

Karnaval ini digelar untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap tahunnya pada tanggal 21 April. Selain itu, karnaval ini digelar sekaligus untuk mempromosikan busana etnik nusantara agar makin dikenal dunia.

“Kegiatan karnaval seperti ini merupakan atraksi yang menarik dan menjadi sarana promosi efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara ke Jakarta,” kata dia dalam sambutannya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (22/4).

Ditambahkan oleh Menpar Arief Yahya, kegiatan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Jakarta. Pasalnya Jakarta menjadi pintu masuk utama wisatawan mancanegara lewat program great Jakarta selain great Bali dan great Batam.

“Ketiga great tersebut memberikan kontribusi hingga 90 persen dari total kunjungan wisman ke Indonesia,” tambah Menpar.

Dijelaskan pula kegiatan tersebut akan menarik perhatian masyarakat luas untuk berfoto dengan pakaian adat terbaiknya kemudian penampilan terbaik akan diberikan rewarding sebagai best performance & customs. “Acara ini lebih banyak ke fashion. Pariwisata itu tidak hanya culture saja, harus ada nilainya. Kreasi budaya seperti ini bisa dikomersialisasi. Cultural industry ini termasuk revolusi industri. Nilai tambahnya lebih besar dari agrikultur dan industri,” ujar Arief Yahya kepada wartawan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta Jumat (22/4).

Karnaval ini akan diselenggarakan pada hari Minggu (24/4) besok dimulai dari halaman Gedung Sapta Pesona menuju Sarinah dan akan kembali ke Gedung Sapta Pesona. Dengan memanfaatkan momen Car Free Day (CFD) yang biasa di gelar sepanjang jalan MH. Thamrin minggu nanti bisa dipastikan akan makin semarak karena ada pagelaran Karnaval Jalan Cantik dan Keren Etnik Nusantara yang digelar oleh Kementerian Pariwisata, bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, Lions Clubs Internasional, serta Kongres Wanita Indonesia (KOWANI).

Selain dimeriahkan parade busana etnik khas nusantara, akan ada pula penampilan seni berupa parade ondel-ondel, parade Abang None Jakarta, serta Koko Cici Jakarta. Tak ketinggalan ada marching band, bazaar kuliner, acara hiburan dan penarikan door prize.

Kegiatan itu akan diikuti sekitar 3000 peserta dengan mengenakan pelbagai macam pakaian etnis nusantara dengan tema Kartini 2016 dengan tema Semangat Kartini Wujudkan Generasi Berkarakter dan Berbudaya. Kegiatan itu akan menjadi atraksi wisata menarik sebagai Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia yang tahun ini menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta perjalanan wisatawan nusantara di tanah air.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button