Headline News

BNI Ajak Petani Terapkan Smart Farming dengan Bantuan Teknologi

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, melalui Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) ingin menerapkan smart farming untuk mendorong sektor pertanian agar lebih maju. Hal ini diharapkan bisa mempersiapkan petani untuk masa tanam Oktober – Maret 2019-2020, dengan bantuan pemanfaatan teknologi digital.

Direktur Bisnis UMKM dan Jaringan BNI Tambok P Setyawati mengatakan, gerakan tersebut sejalan dengan visi pemerintah dalam penerapan pertanian 4.0 melalui mekanisasi dan digitalisasi untuk peningkatan produksi dan kesejahteraan rakyat.

“BNI bersinergi dengan Kementerian Pertanian dan PT MSMB mitra strategis dalam implementasi pertanian presisi,” kata Tambok dalam siaran resminya, Rabu (09/10/2019).

Melalui smart farming, proses budidaya petani makin efektif dan akan menghasilkan produksi yang makin meningkat, dan pada akhirnya semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Smart Farming 4.0 ini menerapkan teknologi sensor tanah dan cuaca, sehingga dapat memantau kondisi lahan secara realtime, dan diharapkan mampu memberikan data pertanian yang lebih terukur serta presisi. Cara ini diharapkan akan membantu petani dalam meningkatkan efisiensi dan meningkatkan produktivitas.

Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 merupakan program lanjutan dari Gerakan Mengawal Musim Tanam OKMAR yang dilaksanakan pada 2018 – 2019. Gerakan ini rencananya akan dilaksanakan di sentra-sentra produksi komoditas pertanian unggulan Indonesia.

Untuk tahap Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 ini dilaksanakan di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini dilakukan sarasehan petani, untuk meningkatkan produktivitas dengan bantuan pertanian presisi, dan kemudahan akses perbankan BNI. Selain itu penerapan teknologi digital terkini sangat mudah digunakan oleh petani dari berbagai jenis tanaman budidaya.

Tambok mengatakan Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 ini merupakan kerja sama antara BNI, Kementerian Pertanian RI dan PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (PT MSMB) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi Smart Farming 4.0 berbasis Internet Of Things (IOT).

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close