EconomicInvestmentMarine Tourism

Indonesia Maritime Expo 2019 Tawarkan Potensi Investasi di Sektor Maritim

Memiliki panjang pantai mencapai 97 ribu kilometer dan memiliki lebih dari 17.500 pulau, Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. oleh karena itu, Indonesia memiliki potensi investasi yang sangat besar di sektor maritim.

Untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Reed Panorama Exhibitions (RPE) kembali menggelar event Indonesia Maritime Expo (IME) 2019. Dalam event ini RPE akan bekerjasama dengan INSA (Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia), IPERINDO (Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia) dan ABUPI (Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia).

IME 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 16 -18 Oktober 2019, bertempat di Hall D-1, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Event ini akan dihadiri oleh ratusan usaha industri maritim dari 7 negara seperti Indonesia, Singapura, China, Belanda, Yunani, Thailand dan Italia).

Steven Chwee selaku General Manager RPE mengatakan Event IME 2019 ini diharapkan dapat membuat perkembangan industri maritim Indonesia diketahui oleh seluruh dunia.

“IME 2019 diharapkan dapat menjadi jendela bagi dunia untuk mengetahui perkembangan industri maritim di Indonesia, pemerintah pun telah melakukan berbagai pembangunan di industri ini, untuk itu melalui event ini kami ingin turut aktif mempromosikan industri maritim Indonesia ke mata dunia.” ujar Steven.

Dalam membangun infrastruktur industri maritim, pemerintah berusaha untuk mengoptimalkan pemanfaatan pasar dalam negeri sebagai base load untuk pengembangan industri perkapalan. Namun masih banyak kendala yang dihadapi oleh industri seperti ketersediaan bahan baku, teknologi dan sumber daya masih menjadi pekerjaan rumah terpenting pemerintah.

Edy Logam selaku Ketua Umum IPERINDO menambahkan selain untuk mempromosikan perkembangan industri maritim di Indonesia, di acara IME 2019 juga akan ada pembahasan mengenai isu-isu krusial yang sedang hangat di industri maritim.

“salah satu acara penting yang akan digelar di IME 2019 adalah konferensi yang akan membahas isu-isu krusial dan terhangat di industri maritim, Dengan menghadirkan narasumber dan para ahli diharapkan dapat berbagi dan bertukar wacana, mendorong kerjasama guna meningkatkan daya saing serta menyongsong masa depan industri maritim Indonesia agar lebih baik,” ucap Edy Logam selaku ketua umum IPERINDO.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close