Buka Jakarta Food Festival 2024, Pj. Gubernur Heru Budi Hartono: Event Ini Untuk Dorong Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

0

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, secara resmi membuka Jakarta Food Festival 2024 di Pasar Induk Beras Cipinang, Pulogadung, Jakarta Timur. Festival yang diadakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta ini berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 20 hingga 21 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Heru menyampaikan apresiasi kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang berperan dalam bidang pangan, seperti PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Pasar Jaya, Perumda Dharma Jaya, serta Bank DKI. Sinergi antara BUMD ini, menurut Heru, adalah bukti komitmen Pemprov DKI untuk terus mempertahankan stabilitas inflasi dan menjaga pasokan serta harga bahan pangan pokok di Jakarta.

“Saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini berkat kerja sama BUMD DKI yang dikoordinir oleh PT Food Station Tjipinang Jaya. Banyak tugas yang diberikan Pemprov DKI kepada PT Food Station, Perumda Pasar Jaya, dan Perumda Dharma Jaya untuk menjaga stabilitas ekonomi dan harga pangan di wilayah Jakarta. Ini sangat penting karena berdampak pada harga-harga lainnya dan menopang ekonomi secara keseluruhan baik di Jakarta maupun Indonesia,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Pada acara tersebut, Heru meluncurkan dua produk baru PT Food Station Tjipinang Jaya, yaitu beras premium Padiwangi dan Ciwangi. Kedua produk ini siap didistribusikan kepada masyarakat melalui jaringan ritel yang bekerja sama dengan PT Food Station. Selain itu, Heru juga memberikan apresiasi atas diversifikasi produk beras dari singkong dan jagung yang dinilai dapat memperkaya pilihan masyarakat.

“Tentunya, ini sangat membanggakan. Karena masyarakat bisa memilih produk berkualitas dan diversifikasi dari pangan pokok kita. Ini menandakan komitmen Pemprov DKI untuk mempertahankan harga pokok yang terjangkau sesuai dengan kualitasnya,” tambah Heru.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemprov DKI atas penyelenggaraan Jakarta Food Festival 2024. Menurutnya, festival ini sangat membantu masyarakat mendapatkan pangan dengan harga terjangkau.

“BUMD DKI Jakarta adalah yang terbaik se-Indonesia. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan pangan dengan harga terjangkau,” ujar Arief.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Karyawan Gunarso, menegaskan bahwa acara ini terselenggara berkat kerja sama, sinergi, dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain BUMD Pangan, juga melibatkan UMKM binaan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (DPPKUKM), Bank Indonesia, Bank DKI Jakarta, pedagang pasar induk Cipinang, serta seluruh mitra usaha pangan PT Food Station lainnya.

“Diharapkan kegiatan Jakarta Food Festival ini dapat membantu masyarakat, khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya, dalam mendapatkan pangan murah dan terjangkau. Ini juga memperkuat peranan BUMD pangan dalam memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan DKI Jakarta,” kata Karyawan Gunarso.

Jakarta Food Festival 2024 melibatkan pelaku UMKM yang menjual berbagai bahan pangan pokok dengan harga di bawah pasaran. Acara ini diselenggarakan di lokasi yang mudah dijangkau masyarakat dan juga menawarkan paket Sembako Murah seharga Rp 100.000 yang berisi beras premium 5 kg, telur ayam 15 butir, minyak goreng 1 liter, susu UHT 4 kotak, dan bawang putih 1 kg.

Selain peluncuran dua produk beras baru, PT Food Station Tjipinang Jaya juga mengadakan rangkaian kegiatan lainnya, termasuk penyerahan bantuan untuk disabilitas dan program stunting berupa alat penunjang pendidikan dan bahan pangan seperti beras fortifikasi Nutri Rice, telur, dan susu UHT. Mereka juga memberikan penghargaan kepada mitra PT Food Station dan meluncurkan Jingle PT Food Station.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *