Headline NewsLifestyleTourism

Busway Merah Muda, Hadiah di Hari Kartini

Seakan mencoba mengambil momentum yang tepat, pada hari Kamis (21/4) lalu, bertepatan dengan Hari Kartini, PT Transjakarta meluncurkan 2 unit bus gandeng berwarna merah muda yang ditujukan khusus untuk perempuan.

Bus khusus perempuan itu diluncurkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta, Veronica Tan. Veronica Tan yang merupakan istri dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahya Purnama ini terlihat begitu antusias meluncurkan bus gandeng khusus ini.

“Ini special treatment. Harusnya kalau bus ini khusus perempuan ya kita sebagai perempuan akan diperlakukan lebih baik lagi,” tegas Veronica.

Selepas peluncuran secara simbolis bus gandeng merah muda ini, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono memberikan penjelasan kepada wartawan. “Hari ini (Kamis-red) yang siap beroperasi ada dua bus karena waktu pengerjaan terbatas. Sebagai awal ada 10 bus (yang akan beroperasi),” kata Budi, di Balai Kota.

Rencananya seluruh bus itu akan dioperasikan di jalur busway koridor I (Jurusan Blok M – Kota). Alasan pemilihan koridor I karena seluruh koridor Transjakarta mengarah ke koridor I sebagai koridor utama.

“Tujuannya memberi penumpang keamanan, serta mengantisipasi segala hal yang mengarah ke sana (kriminalitas dan pelecehan seksual),” tambah Budi.

Para pengemudi bus-bus khusus itu juga akan dipilih yang perempuan. Sejauh ini PT Transjakarta memang sudah memiliki 37 pengemudi perempuan dan ratusan petugas on board perempuan.

“Setelah diresmikan, dua bus ini langsung beroperasi. (Sebanyak) 40 persen penumpang adalah perempuan, tapi saya belum hitung akurat,” lanjut Budi lagi.

Bus gandeng yang diluncurkan itu didominasi warna merah muda dan putih. Pada sisi jendela salah satu bus itu tertera tulisan “Habis Gelap, Terbitlah Terang”. Sementara pada bus yang lain tertera tulisan “These Girls Are Smart”.

Spesifikasi kedua bus merek Scani itu sama dengan bus gandeng Transjakarta lainnya yang sudah beroperasi, yaitu memiliki 38 tempat duduk dan mampu mengakut 80 penumpang berdiri. Uniknya, susunan bangku bus cantik ini berbeda dengan susunan bangku busway pada umumnya, semua tempat duduk menghadap ke depan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button