Lifestyle

Cara agar menyehatkan mata anda

cata-tes-mata

Mata merupakan bagian dari tubuh ini yang sangat penting karena kalau saja kitatidak mempunyai mata makan akan sulit bagi anda untuk berjalan, membaca bahkan sampai memilih pasangan (hehehe,,hanya beranda), jadi dapat dikatakan kalau mata ini merupaka salahs tu organ yang sangat penting. Mungkin ada beberapa dari anda yang menggunkan kacamata karena ada sedikit masalah pada mata anda. Banyak penyakit yang dapat mengurangi kemampuan mata seperti katarak, rabun jauh, rabun dekat, buta warna sampai kebutaan. Hal ini lebih disebabkan karena polah kehidupan yang sangat tidak baik bagi mata dan tanpa anda sadari biasanya kebiasaan yang anda lakukan merupakan penyebab kerusakan pada mata anda. Ada bebrapa kegiatan yang dapat memberikan kerusakan pada mata anda.

Ketika anda membaca yang perlu anda perhatikan adalah penahayaan yang bagaimana, jarak anda dengan buku dan posisi anda ketika membaca bagaimana. Pasti anda sering membaca ketika pencahayaan yang tidak baik, jarak dengan bahan bacaan yang terlalu dekat atau anda sering membaca sambil barang. Kegiatan yang anda lakukan tersebut merupakan salah satu alasan kenapa mata anda bermaslah. Ketika anda membaca disarankan untuk menggunakan jarak yang pas seperti membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata, karena itu merupakan jarak yang ideal bagi mata. Tidak hanya membaca saja loh yang menggunkan jarak tapi penggunaan gadget sampai menonton pun dalam jarak 30 cm agar mata anda terhindar dari radiasi. Pencahayaan juga berperan dalam merusak mata anda karena ketika cahaya yang kurang akan membuat mata anda bekerja keras dalam menangkap gambar yang ada di depannya.

Usahakan tidak mengucek mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda. Selain itu mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop. Mata anda juga memerlukan waktu untuk istirahat agar dapat mengistirahatkan otot mata anda. Pada saat tidur juga disarankan jangan menghidupkan lampu karena dapat membuat mata anda tidak bisa istirahat karena bagian kelopak adalah bagia yang tipis sehngga cahaya dari lampu akan masuk dan membuat mata anda menerimanya.

Selain itu anda juga harus memeprhatikan makanan anda agar selalu sehat terus, karena pola makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan pada mata anda. Memakan wortel yang diketahui oleh masyarakat umum mampu memberikan kesehatan bagi mata anda karena kandungan vitamin A dan beta-karoten yang meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Selain itu, wortel kaya akan serat dan kalium (potassium) yang juga bagus untuk kesehatan mata. Minyak ikan salmon dan sarden juga sebagai sumber yang sangat baik dari omega-3 asam lemak yang penting untuk kesehatan mata. Makan salmon secara teratur mengurangi risko degenerasi makula sebesar 38% dan membantu mengobati penyakit mata kering. Salmon juga merupakan sumber terbaik dari vitamin D yang membantu meningkatkan kesehatan mata, dianjurkan untuk makan salmon setidaknya dua kali seminggu.

Sayuran hijau juga baik bagi mata kerena mengandung dua antioksidan kuat yakni zeaxanthin dan lutein yang disimpan dalam makula. Makula adalah bagian kecil dari retina yang bertindak sebagai tabir surya yang sangat alami, melindungi mata anda dari sinar berbahaya. Antioksidan dalam sayuran hijau menyerap cahaya biru yang sangat berbahaya bagi retina. Selain itu, dapat mendeteksi kontras yang lebih baik dan meningkatkan penglihatan. Banyak penelitian telah menemukan bahwa zeaxanthin dan lutein menurunkan risiko penyakit mata kronis, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia. Nah, jadi kesehatan itu sangat penting untuk dijaga, kan ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Selamat hidup sehat ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button