Lifestyle

Cara alami mengatasi sakit gigi

sakit gigi

Siapa yang tidak merasa gelisah dan pastinya akan menyakitkan jika seseorang yang merasakan sakit gigi. Sakit gigi yaitu rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Setidaknya, sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur. Kadang-kadang, sakit gigi mungkin disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi atau rahang. Sakit di sekitar gigi dan rahang dapat gejala penyakit jantung (seperti angina atau serangan jantung ), telinga (seperti eksternal infeksi telinga atau bagian dalam), dan sinus (udara bagian-bagian dari tulang pipi).

Misalnya, sakit angina (pasokan darah beroksigen yang tidak memadai ke otot jantung karena penyempitan pembuluh darah ke jantung) biasanya terletak di bagian dada atau lengan. Namun, pada beberapa pasien dengan angina, rasa sakit sakit gigi atau rahang adalah satu-satunya gejala dari masalah hati mereka. Infeksi dan penyakit telinga dan sinus juga dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar gigi dan rahang. Oleh karena itu, evaluasi oleh dokter gigi dan dokter kadang-kadang diperlukan untuk mendiagnosa penyakit medis yang menyebabkan “sakit gigi.”

Minyak cengkeh. Pada sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry th. 2006, disebutkan bahwa minyak cengkeh mampu mengurangi rasa sakit pada gigi yang bermasalah. Caranya juga sangat mudah, cukup teteskan minyak cengkeh pada kapas bersih, lalu oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit. Bawang putih. Ini cocok diterapkan untuk gigi berlubang yang terasa sakit. Cukup patahkan sedikit bawang putih, lumatkan, lalu tempelkan pada gigi berlubang anda. Biarkan sekitar 5 menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat.

Menurut Jude C. Tood dalam bukunya Jude’s Herbal Homes Remedies, bawang putih ampuh mengatasi sakit gigi pada gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik alami yang kuat. Ternyata dibalik rasa asin pada garam ada kandungan yodium yang ternyata bisa meringankan ngilu pada gigi. Gini nih caranya, larutkan garam dalam segelas air mineral hangat kemudian Aduk, abis itu gunakan sebagai mouthwash sampai kalian merasa cukup nyaman dan gak terlalu tersiksa karena rasa sakit gigi. Tapi, kalian gak dianjurkan langsung mengunyah garamnya, karena penyebarannya tidak sampai pada sela -sela gigi.

Kecil-kecil cabe rawit adalah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu yang kecil namun memiliki banyak kelebihan. Dalam hal mengatasi sakit gigi, ini bukan sekedar ungkapan. Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi. Menggunakan es batu dikenal untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Masukkan es batu dalam kantong kain atau ke area sakit dan biarkan selama 5 – 10 menit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

Bersihkan bagian gigi yang sakit menggunakan sikat gigi dengan pasta yang cocok untuk meredakan rasa sakit. Jika setelah beberapa menit belum sembuh juga, bisa jadi ada sisa makanan yang menyelip pada lubang gigi. Gunakanlah lidi kecil atau tusuk gigi untuk mengangkat kotoran yang menyelip pada lubang atau sekitar gigi, setelah itu berkumur. Nah itu cara untuk meredakan sakit gigi yang anda alami, jika masih bermasalah silahkan menguhubungi dokter ya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button