Lifestyle

Cara Mengatasi Insomnia Serta Kenali Penyebabnya

WWS-Insomnia

Jika frekuensi susah tidur di malam hari yang anda keluhkan sering sekali terjadi, anda harus berhati hati karna bisa saja anda mengalami insomnia. Insomnia merupakan gangguan tidur yang banyak terjadi di masyarakat modern saat ini. Gangguan tidur ini bisa berakibat oleh banyak hal. Jika hal ini di biarkan berlarut-larut maka bisa saja hal ini membahayakan bagi kesehatan anda. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa mengalami insomnia. Pada umumnya insomnia disebabkan oleh faktor psikologis seperti stress dan beban pikiran. Namun beberapa kebiasaan seperti bergadang, jam tidur yang tidak teratur, dan mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafeein serta kebiasaan tidur larut juga menyebabkan insomnia.Tak hanya itu saja, bahkan kebiasaan menggunakan gadget menjelang tidur juga menjadi salah satu pemicu insomnia. Bahkan konon menjamurnya smartphone dan internet juga turut berperan.

Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah. Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut. Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali. Kadang mereka tidur dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun, merupakan pertanda dari depresi.

Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur. Kebutuhan tidur orang dewasa rata-rata adalah 8 jam perhari, dan seiring bertambahnya usia akan berkurang menjadi 7,5 jam perhari. Kita tahu bahwa ada beberapa makanan tertentu yang dapat menganggu tidur kita. Salah satu yang tentunya sudah sangat kita kenal adalah kopi, yang sangat diandalkan untuk membuat kita tetap terjaga dimalam hari. Kemudian nikotin juga menjadi salah satu penyebab kenapa kita mendapatkan insomnia di malam hari.

Cara mengatasi insomnia yang paling mudah adalah dengan menjauhkan gadget anda dari tempat tidur anda. Banyak orang yang tidak bisa tidur malam dikarenakan sibuk bermain gadget. Hal ini telah menjadi kebiasaan buruk yang sering di lakukan olah masyarakat modern. Selain mengganggu tidur, gadget juga memiliki radiasi yang buruk untuk kesehatan. Bukan itu saja, pengaruh gadget ini juga bisa menurunkan fungsi organ intim karena adanya radiasi yang ditimbulkannya. Terapi mengatasi insomnia bisa dilakukan dengan cara mendengarkan musik yang rileks sehingga membantu anda untuk cepat tidur. Terapi ini sebaiknya menggunakan brainwave atau yang disebut dengan musik gelombang beta. Hal ini bisa membuat anda merasa rileks. Karena musik brainwave ini merupakan musik yang dirancang khusus untuk menimbulkan rasa rileks.

Mencegah insomnia seperti ini tentu mudah dilakukan tanpa anda perlu mengkonsumsi obat-obatan kimia yang membahayakan tubuh dan bisa saja membuat ketergantungan. Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan melakukan meditasi dan melatih pernapasan. Hal ini sangat baik untuk membuat sensasi rileks dan tenang bagi tubuh. Meditasi merupakan latihan untuk menenangakan pikiran dan membantu pikiran untuk lebih fokus. Dengan melatih pernapasan dan melakukan meditasi anda melatih untuk tetap tersadar, fokus dan rileks sehingga anda mendapatkan kwalitas tidur yang lebih baik. Selain itu, jangan sampai lupa untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung potasium dan magnesium. Nutrisi jenis ini bisa anda temukan pada makanan jenis kacang dan pisang. Mengkonsumsi makanan ini bisa membantu menurunkan kadar stress dan membuat syaraf lebih nyaman. Sehingga lebih mudah untuk tidur dan anda terbebas dari yang namanya insomnia. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close