Headline News

Danau Sentarum, Salah Satu Destinasi Wisata di Jantung Borneo

Kawasan Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, memiliki pesona alam yang indah. Kawasan ini kalau dikelola dengan baik bakal menjadi destinasi wisata yang mengesankan.

Danau Sentarum terletak di jantung Borneo atau di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Danau yang memiliki luar sekitar 132 ribu hektar tersebut terhubung dengan 20 danau lainnya.

“Danau Sentarum kalau kering bisa dilewatin pakai motor, kalau kering biasanya bulan Juli-Agustus. Tapi tergantung cuacanya bagaimana,” ujar Ecotourism Development Officer, WWF Indonesia, Program Kalimantan Barat, Hermas Rintik. TNDS terdiri atas 89 ribu hektar hutan rawa yang tergenang air dan 43 ribu hektar daratan. Kalau semuanya tergenang, kedalamannya bisa mencapai enam meter.
Henting Lanjak merupakan area paling tinggi di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu. Wisatawan biasanya singgah sejenak di kawasan ini untuk melihat Danau Sentarum dari ketinggian.

Kawasan tersebut berada di jarak sekitar satu kilometer sebelum Lanjak. Pengunjung bisa melihat Danau Sentarum dari jalan maupun dari anak tangga. Di bagian atas anak tangga, ada tugu setinggi lima meter. Ada empat ornamen berbentuk orang tengah berjongkok menempel di tengah tugu.

Hermas mengatakan tempat ini dibangun pemerintah daerah. Tujuannya untuk berekreasi. Sayangnya, sebagian sudah tidak terawat, terutama bagian toilet. Rumput tumbuh di sana sini, khususnya di tugu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button