Headline News

Dengan Menerapkan Prokes Ketat, Untar Sukses Gelar Wisuda ke-78

Universitas Tarumanagara (Untar) sukses menyelenggarakan Wisuda ke-78 tahun 2021 pada tanggal 27 dan 28 November 2021 di gedung Jakarta Convention Centre, Senayan. Pelaksanaan wisuda yang telah mengantongi   izin dari pemerintah ini, menerapkan protokol kesehatan ketat dan  berlangsung secara pass-through maupun daring serta disiarkan langsung melalui channel Youtube Untar.

Wisuda diikuti oleh 1.340 wisudawan dan wisudawati lulusan Sarjana, Profesi, Magister, dan Doktor.  Sebagian dari mereka, ada yang diwisuda secara langsung dan ada juga yang dilakukan secara daring.

Sidang terbuka wisuda ke -78 dibuka langsung oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng, didampingi  para dekan. Kegiatan ini dihadiri antara lain, Ketua Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi, SH., M.H.  beserta pengurus, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  Wilayah III  Jakarta Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc serta pewalikan dari institusi, dunia industri dan asosiasi.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik pelaksanaan wisuda ke 78 ini. Presiden mengatakan, sebagai perguruan tinggi, Untar telah banyak mencetak lulusan-lulusan yang mumpuni yang dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi

“Untar telah melahirkan lebih dari 100.000 alumni yang berkarya di berbagai bidang, di dalam maupun luar negeri. Hal ini menjadi kekuatan besar untuk mendorong lahirnya para entrepreneur di berbagai daerah yang mampu menciptakan lapangan kerja baru agar berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Presiden saat memberikan kata sambutan saaat Wisuda ke-78 yang pertama pada Sabtu, (27/11/2021).

Prof. Agustinus mengucapkan selamat kepada para seluruh wisudawan dan wisudawati atas prestasi akademik dan non akademik yang diperoleh selama studi di Universitas Tarumanagara yang dijiwai oleh nilai-nilai integritas, profesionalisme   dan entrepreneurship “Semoga semua kompetensi yang anda punya dibalut dengan nilai-nilai IPE yang sudah dikembangkan Universitas Tarumanagara dapat digunakan sebagai bekal memasuki dunia profesi dan menghasilkan karya-karya terbaik untuk nusa dan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” kata Prof. Agustinus saat menyampaikan kata sambutan, Minggu (28/11/2021).

Prof. Agustinus berpesan agar para wisudawan dan wisudawati untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam berbagai bidang kehidupan serta tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi  dan peradaban di bidang yang digeluti dan ditekuni setiap hari.“Belajar sepanjang hayat merupakan hal yang sangat penting dan terus dijalani setiap hari, sehingga kita dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi di berbagai bidang. Kami juga mengajak untuk berpartisipasi secara aktif untuk mengembangkan Universitas Tarumanagara melalui kolaborasi setelah anda nanti memasuki dunia profesi. Kalua anda mendapatkan banyak hal di dunia profesi bawalah ke kampus sehingga kami mendapatkan berbagai masukan dari anda semua untuk mengembangkan Universitas Tarumanagara,” ujar Prof. Agustinus.

“Tetapi kalau anda mengalami kesulitan di dunia profesi hadirlah ke kampus dan kita bisa mendiskusikan mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang anda hadapi di dunia profesi,” tambahnya.

Ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati juga disampaikan  Kepala (LLDIKTI  Wilayah III  Jakarta Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. Pada kesempatan yang sama, Prof. Agus berharap lulusan Untar dapat memberikan kontribusinya bagi bangsa dan negara.

“Gelar ini merupakan bentuk pengakuan  terhadap kompetensi saudara dan sekaligus pengingat akan suatu tanggung jawab baru yang saudara emban yaitu memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,” kata Prof. Agus.Tak lupa, Prof Agus juga menyampaikan terima kasih kepada Untar atas kerja kerasnya dalam membimbing mahasiswa dan mahasiswinya terutama dalam membina hard skill dan soft skill melalui berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk Universitas Tarumanagara yang memiliki akreditasi A  dan menjadi salah satu kampus terbaik di lingkungan LLDIKTI wilayah III. Terima kasih atas ketaatan azasnya terhadap berbagai macam peraturan yang ada di Kemendikbud Ristek saat ini, terutama pada pelaporan pangkalan data Perguruan Tinggi yang menurut catatan kami selalu lengkap, rapi dan tertib,” kata Prof. Agus.

Pada acara ini, Untar juga melangsungkan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU  dengan empat institusi perusahaan, salah satunya adalah VIVERE Group dan dua Sekolah Menengah Atas. MoU ini digelar untuk mengoptimalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dapat melahirkan SDM berkualitas, handal dan berdaya saing.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button