Eco TourismTourism

Desa Pekraman Jasri, Desa Wisata Terbaik tahun 2013

Desa Pekraman Jasri1

Desa Wisata Jasri yang terletak di Desa Pekraman Jasri di Kecamatan Karangasem, Bali dengan Atraksi Pertanian dan Seni Budaya di nobatkan Menjadi Desa Wisata Terbaik tahun 2013. Desa wisata terbaik dapat dijadikan percontohan bagi desa wisata lainnya. Kreteria atau syarat menjadi desa wisata tidaklah mudah banyak persyaratan yang harus d muiliki oleh sebuah desa jika ingin menjadi desa wisata. Desa Wisata Jasri memiliki unsur desa wisata yang lengkap. Desa Jasri memiliki luas wilayah kurang lebih 445,62 Ha, desa tua yang dibagian tengahnya adalah wilayah pemukiman penduduk, yang dikelilingi oleh sawah dan kebun dengan tiga ruas aliran sungai, memiliki deretan pebukitan serta sebelah selatan merupakan laut dengan pesisir pantai menjadikan desa ini berpotensi besar sebagai daerah wisata.

Apalagi ditambah dengan kekayaan adat, seni dan budayanya yang masih terpelihara, upacara – upacara adat, tari – tarian adat, seni – seni kerajinan. esa Wisata Jasri merupakan sebuah desa asri yang terletak di Kelurahan Subagan, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Desa dengan penduduk sekitar 2.711 jiwa ini, terbagi dalam beberapa aktivitas penduduk seperti petani, pengrajin, buruh, PNS maupun berwiraswasta. Desa ini memiliki kelompok komunitas yang lebih kecil yang disebut “Banjar “, yang jumlahnya sebanyak 6 banjar. Suasana alam desa dengan adat istiadat dan seni budaya yang beraneka ragam, manjadikan desa ini memiliki sesuatu yang berbeda dari desa disekitarnya.

Dengan luas wilayah kurang lebih 445,62 Ha, desa tua yang dibagian tengahnya adalah wilayah pemukiman penduduk, yang dikelilingi oleh sawah dan kebun dengan tiga ruas aliran sungai, memiliki deretan pebukitan serta sebelah selatan merupakan laut dengan pesisir pantai menjadikan desa ini berpotensi besar sebagai daerah wisata. Apalagi ditambah dengan kekayaan adat, seni dan budayanya yang masih terpelihara, seperti Budaya “Perang Api ( Terteran )”, upacara – upacara adat, tari – tarian adat, seni – seni kerajinan dan yang lainnya memberikan nilai lebih bagi desa ini dalam perkembangannya menjadi Desa Wisata. Adapun jarak dengan Kota Amlapura adalah sekitar 5 km dan bisa ditempuh dalam waktu 10 menit dengan kendaraan bermotor!. Desa Jasri mewariskan sebuah pantai yang sangat indah membentang dari barat sampai ke timur! Pantai tersebut adalah Pantai Jasri dimana pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Pantai ini sering dijadikan sebagai tempat untuk Melasti dan Ngaben baik itu untuk warga Jasri sendiri maupun dari luar desa.

Pantai Jasri adalah pantai indah menawan yang terletak di Desa Jasri, Karangasem, Propinsi Bali. Dengan suasana pantai yang masih alami dan panorama alam yang begitu menarik manjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara. Pantai Jasri membentang dari barat hingga timur dan terbagi menjadi 3 kawasan, yaitu: Pantai Jasri Timur, Pantai Menteng dan Pantai Dalem Jasri dimana kesemuanya memiliki keistimewaan masing-masing. Pantai Jasri Timur sering digunakan untuk ritual keagamaan melasti (prosesi penyucian benda-benda sakral), Pantai Menteng digunakan oleh nelayan untuk melaut mencari ikan sedangkan Pantai Dalem Jasri dengan keadaan ombak yang tenang dan pesisir pantai yang menawan dimanfaatkan untuk objek wisata sehingga di kawasan pantai inilah banyak peselancar lokal maupun mancanegara datang pada musim-musim tertentu.

Di pantai ini, para wisatawan tidak hanya disuguhi keindahan pantai dari tepi laut saja namun mereka juga dapat menyewa perahu/jukung yang ada untuk memancing dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu juga, Pantai Jasri pantas dijadikan pilihan untuk wisata bawah laut seperti diving dan snorkeling karena keadaan taman bawah lautnya yang mempesona. Dilirik Film Hollywood Pesona Jasri ternyata juga sampai kepada para sineas film-film Hollywood di Amerika Serikat sana. Setelah Eat, Pray and Love yang dibintangi oleh Julia Robert, kabarnya akan lagi film Hollywood yang mengambil lokasi shooting di Pulau Dewata Bali. Ialah film bergenre thriller berjudul “I, Alex Cross” akan menjadikan Pantai Jasri ini sebagai lokasi shootingnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button