Eco TourismTourism

Desa Tuktuk Siadong, Menikmati Daya Pukau Danau Toba di Di Tanjung Kecil Pulau Samosir

tuk-tuk-siadong-1

Pastikan kunjungan Anda ke Danau Toba untuk menginap di Desa Wisata Tuktuk Siadong, sebuah tempat indah di sebuah tanjung kecil di Pulau Samosir. Di sini Anda dapat menikmati suasana menawan panorama pinggir danau dimana telah banyak wisatawan tersihir daya pukaunya. Desa Tuktuk Siadong berlokasi di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Semenanjung kecil ini terletak diantara Desa Tomok dan Desa Ambarita. Kawasan tersebut merupakan daerah yang diminati wisatawan mancanegara dimana hampir sepanjang tahun dikunjungi. Bahkan, sebuah buku panduan bagi backpacker yaitu Lonely Planet menyebutkan informasi desa wisata ini dengan cukup lengkap.

Desa Tuktuk Siadong telah tersohor sebagai salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Pemandangan menghijau begitu memanjakan mata berpadu dengan bangunan corak Batak yang khas. Di sini Anda akan merasakan suasana seperti di pantai tetapi suhu udaranya begitu sejuk. Desa Tuktuk sangat indah dan tenang suasananya cocok untuk piknik bersama keluarga atau untuk berbulan madu. Di sini riak air danau yang tenang berharmoni dengan padang rumput atau kerbau yang sedang membajak sawah. Hutan menghijau dan kampung adat tradisional Batak melahirkan impresi dan nuansa tersendiri untuk menyempurnakan liburan Anda.

Tuktuk Siadong berada di daerah tanjung peninsula yang menjadi kawasan wisata (central tourism district). Pengunjung menikmati wisata bahari di sini seperti berenang, menyelam, berlayar, canoe, memancing, dan lainnya. Di kawasan ini juga dipenuhi akomodasi, restoran, serta industri kreatif terutama ukiran. Danau Toba sendiri menjadi reservoir air tawar terbesar di Asia Tenggara dengan pegunungan tropis membentang sekira 1.100 km dengan kedalaman maksimum sekira 450 meter. Danau ini berada di puncak vulkanik tua sekira 905 meter di atas permukaan air laut. Ada 7 kabupaten mengelilingi Danau Toba, yaitu Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir. Yang terakhir terkenal memiliki panorama alam indah dan menjadi lokasi tujuan wisata terutama Parapat di Simalungun dan Tuktuk Siadong di Pulau Samosir. Manfaatkan sepeda, motor, atau perahu untuk berkeliling di kawasan ini. BeMo (Becak Motor) sangat terkenal di sini biayanya sekitar mulai dari Rp10.000,- tergantung jauh dekatnya tujuan.

Beberapa tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Samosir mungkin perlu masuk dalam daftar rencana petualangan Anda. Nikmati keindahan air terjun di Simanindo, pemandian air panas di Kota Pangururan, seminari di Nainggolan. Semua lokasi tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil sewaan. Jalannya mulus terasa nyaman. Di sepanjang perjalanan Anda dapat menikmati pemandangan khas pedesaan tradisional Batak, di sebelah kanan terhampar Danau Toba dan di kirinya berupa pegunungan. Di Tuktuk tersedia puluhan penginapan dan rumah makan yang berderet di sisi jalan. Akomodasi tersebut umumnya menyewakaan sepeda, motor, dan buku. Buku yang disewa ternyata dapat ditukar dengan buku lain yang Anda bawa.

Penginapan berupa hotel berbintang biasanya terletak persis di pinggir danau. Beberapa di antaranya memiliki kawasan yang terpisah tempat dimana wisatawan dapat menikmati suasana pinggir danau. Anda dapat menikmati keindahan panorama Danau Toba dengan ber-canoe, jetski, sepeda air, atau mengapa tidak berenang sepuasnya di pinggir danau. Memancing juga dapat menjadi alternatif kegiatan yang menghibur. Anda juga dapat melakukan trekking ke bukit-bukit tertentu untuk berburu lokasi pandang ke arah Danau Toba yang terbentang.

Berkeliling Pulau Samosir dengan sepeda motor atau sepeda juga menarik sembari berinteraksi dengan masyarakat setempat yang ramah. Di Desa Tuktuk Siadong juga ada makam Raja Sidabutar yang sudah berumur ratusan tahun. Berkelilinglah di seputaran danau dimana Anda selain dapat menikmati keindahan danau juga dapat membayangkan bagimana dahsyatnya bencana letusan gunung api hingga kalderanya membentuk lalu terisi air hujan. Nikmati keindahan Matahari terbit dan terbenam dari pesisir danau. Lokasi terbaik ada di dataran tinggi Karo di sebelah utara dimana keelokan danau nampak memanjang dari Sikodonkodon. Ada pula dari Tele di sisi barat yang menyediakan gardu pandang dimana pemandangan danau dan Pulau Samosir begitu sempurna diabadikan dengan kamera kesayangan Anda.

Apabila berminat menikmati keindahan Danau Toba dari udara maka jasa pemandu wisata dapat mencarikan informasi untuk kegiatan paralayang dari kawasan Bukit Siulakhosa. Anda akan ditemani instruktur berpengalaman untuk terbang mengelilingi kawasan Tomok dan Tuktuk Siadong lalu mendarat di Bukit Betha atau pantai Danau Toba. Perlu diperhatikan aktivitas ini bergantung pada kondisi cuaca dan angin. Kawasan Bukit Betha dan Open Stage Tuktuk Siadong juga sering dimanfaatkan menjadi kawasan Ambarita untuk olah raga atletik, sepeda downhill, motor cross, dan kegiatan lintas alam lainnya. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button