Headline NewsTourism

Dibayar Pakai Dendeng Balado, Dino Patti Djalal Penuhi Permintaan Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Uno meminta Dino Patti Djalal menjadi Chief Strategic Advisor Kemenparekraf. Namun bukan gaji yang ditawarkan Sandiaga kepada Dino atas jabatannya itu, melainkan dendeng balado yang akan diterima mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat tersebut, setiap bulannya.

“Dengan ini, saya meminta Pak Dino Patti Djalal untuk membantu kami sebagai Chief Strategic Adviser. Terima kasih banyak Pak Dino. Saya ucapkan semoga diberi kemudahan dan berkah oleh Allah,” ungkap Sandiaga dalam pertemuan virtual pada Rabu (13/1/2021).

Sandiaga mengatakan permintaan ini
untuk memperkuat Kolaborasi dalam percepatan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Jadi dalam langkah kolaborasi, saya melihat salah satu pemulihan pasca Covid-19 adalah kita melakukan satu pendekatan yang holistia dan kebetulan saya melihat diaspora yang selama ini dibantu untuk dikelola oleh Pak Dino melalui gerakan diaspora Indonesia ini bisa kita ajak kerja sama,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menilai keterlibatan diaspora Indonesia membantu Pemerintah memulihkan sektor pariwisata sudah tepat, pasalnya diaspora telah tersebar di banyak negara, sehingga dapat dijadikan agen dari produk pariwisata dan ekraf Indonesia. Dengan demikian diharapkan, kehadiran Diaspora dapat meningkatkan daya tarik lima destinasi super prioritas, yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang, Borobudur, dan Mandalika. Seperti diketahui, pemerintah sedang memfokuskan pengembangan pembangunan di lima destinasi tersebut, dengan tujuan agar dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara.

Selain membantu di bidang kerja sama dengan diaspora, Dino akan mengurusi program Fund Policy Community of Indonesia. “Ini membantu kami di Kemenparekraf menyuarakan pesan-pesan yang akurat, terverifikasi, tentang keadaan situasi pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah-tengah pandemi dan Covid-19 ini,” katanya.

Dino Patti Djalal menyanggupi permintaan Menparekraf ini dan mengucapkan terima kasih karena telah dipercayakan membantu Pemerintah membangkitkan kembali sektor pariwisata yang sedang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri ini, menilai sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang diandalkan Pemerintah dalam meningkatkan devisa negara. Selain itu, sektor pariwisata juga memiliki andil besar dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Terima kasih, penawaran diterima. Dengan pembayaran satu dendeng balado per bulan,” celetuk Dino.

Nama Dino Patti Djalal tidak asing lagi di dunia pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bidang luar negeri pada periode 2004-2010. Setelah itu, Dino dipercayakan oleh Presiden SBY sebagai Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS) sejak 2010 hingga 2013. Tak berhenti di situ, pria lulusan Universitas Simon Fraser di Kanada ini juga pernah menjadi Wakil Menteri Luar Negeri pada Juni 2014 hingga Oktober 2014.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close