Headline NewsLifestyle

Disparbud DKI Tetap Awasi Tempat Hiburan Malam Selama Ramadhan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta telah  meminta pemilik  tempat hiburan malam di wilayah  DKI Jakarta dan sekitarnya untuk menutup usahanya selama bulan suci ramadhan. Tempat hiburan malam yang diwajibkan tutup selama bulan puasa yakni tempat hiburan malam untuk jenis  klub malam, diskotek, mandi uap, griya pijat serta permainan mesin keping jenis bola ketangkasan dan usaha bar yang berdiri sendiri maupun berbarengan dengan jenis hiburan malam lainnya. Penutupan dilakukan mulai  jumat malam, 26 Mei 2017.

Himbauan yang dikeluarkan ini kurang abdol jika tidak dibarengi pengawasan. Disparbud  DKI Jakarta khawatir  jika tidak diawasi akan ada tempat hiburan malam yang nakal yang coba buka diam-diam di saat bulan suci Ramadhan.

Pada jumat malam, 26 Mei 2017, pengawasan mulai dilkaukan terhadap jam operasional tempat hiburan malam di Ibukota. Pengawasan meliputi Personel Satpol PP,  anggota Kepolisian serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Androfa mengatakan, pengawasan akan dilaksanakan hingga pasca Idul Fitri nanti. Bila ditemukan pelanggaran, tempat hiburan itu akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

“Kita sudah membuat Surat Edaran (SE) jam operasional. Pengawasan gabungan Satpol PP, Polisi dan Disparbud, diawali apel bersama di Balai Kota,” katanya.

Dari data yang dimiliki, sambung Androfa, terdapat 10.793 industri pariwisata di Jakarta. Dari jumlah itu, yang tergolong bar, karaoke, diskotek, bola sodok, griya pijat, karaoke, klab malam, mandi uap, musik hidup, pusat refleksi dan spa mencapai 2.350.

Sedangkan sisanya berupa hotel, rumah makan, biro perjalanan dan lain-lain. “Nanti pengawasannya menyeluruh semua tempat hiburan bila ada yang buka akan kena sanksi. Sesuai surat edaran, beberapa jenis hiburan harus tutup,” ujarnya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button