TourismTravel

Disparbud Kabupaten Bandung Latih Milenial Penggemar Medsos jadi Digital Marketing Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Drs. Agus Firman Zaini.,M.Si mengatakan perkembangan teknologi harus dimanfaatkan dalam bidang promosi pariwisata daerah. Hal itu ia sampaikan saat membuka acara Pelatihan Penggerak Pariwisata Era Digital di Aula Gedong Budaya Sabilulungan (GBS) Soreang, Rabu (28/11/2018).

“Masyarakat era digital saat ini, sangat bergantung pada kecanggihan IT (Informasi dan Teknologi) dalam beraktivitas. Nah Indikator kinerja kita kan memang menciptakan branding untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Kabupaten Bandung ke dunia luar. Dengan kondisi itu, kita kawinkan antara promosi wisata dan budaya dengan animo masyarakat mengakses informasi,” ungkap Agus Firman didampingi Sekretaris Disparbud Cecep Hendrawan.

Untuk mempromosikan sebuah destinasi wisata secara digital, dibutuhkan para penggerak pariwisata dari kaum milenial yang melek IT. Menurut Agus, pemuda yang gemar bergaul di media sosial ini, bisa dimanfaatkan untuk branding pariwisata dan budaya khas dari wilayahnya masing-masing. Penggunaan media sosial dipercaya bisa berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

“Sektor pariwisata dan budaya ini sangat berkontribusi pada PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Bandung. Branding, promosi dan marketing pun harus dibangun komprehensif dengan melibatkan berbagai stakeholder termasuk masyarakat,” paparnya.

Untuk itu, lajutnya, adanya kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program untuk percepatan kualitas SDM pariwisata. Pelatihan penggerak pariwisata ini diharapkan mampu menciptakan agen marketing untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bandung ini.

“Untuk promosi pariwisata yang ‘menjual’, tentunya SDM nya juga harus memadai, strategi kita kali ini ya melibatkan kaum milenial yang sudah akrab dengan era digital,” imbuh Kepala Disparbud.

“Saya harap, seluruh peserta hari ini bisa menjadi agen mempromosikan destinasi wisata yang ada di wilayah masing-masing. Bikin wisatawan penasaran untuk datang ke Kabupaten Bandung, bikin nyaman, aman, tertib, betah, bahagia bahkan cipatakan sebuah kenangan dari setiap destinasi yang dikunjungi oleh para wisatawan itu,” terangnya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close