InvestmentTourism

Jawa Barat Optimis Indonesia Emas Terwujud Tahun 2045

Pemerintah Pusat melalui Presiden Joko Widodo meyakini bahwa Indonesia dapat menjadi negara dengan ekonomi terkuat ke lima di dunia pada 2045 mendatang dengan bermodalkan Sumber Daya Alam (SEA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang saat ini dimilikinya.

Berdasarkan perhitungan Bank Dunia serta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Indonesia bisa masuk 10 besar negara perekonomian terkuat di dunia pada 2030 jika kondisi terus membaik.

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil menyatakan, untuk kearah tersebut menuju Indonesia Emas 2045, perlunya dukungan peningkatan pertumbuhan ekonomi diseluruh provinsi di Indonesia termasuk Jawa Barat minimal 5 persen.

“2045 Indonesia Emas, pertumbuhan perekonomian harus lebih dari 5%, dan daerah yang kurang dari 5% akan mendapatkan atensi khusus dari gubernur,” ucap Gubernur, dalam KOPDAR_GWPP di Wilayah Priangan Provinsi Jawa Barat, di Hotel Pantai Indah Timur Resort, Pangandaran, Rabu (28/11).

Karenanya menurut Gubernur, dirinya meminta kepada daerah untuk mempermudah proses perizinan kepada para investor yang akan menanamkan modalnya di daerah-daerah di Jawa Barat.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil di kisaran 5 hingga 6 persen per tahun, pendapatan penduduk akan mencapai US$ 29 ribu per kapita, sehingga, pada 2045, Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) Indonesia bisa mencapai US$ 9,1 triliun.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close