Headline News

DLH DKI Jakarta Siagakan 3.080 Petugas Saat Libur Lebaran 2024

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta tetap menyiapkan 3.080 petugas kebersihan saat lebaran, mulai malam takbiran, saat Hari Raya Idulfitri 1445 H, serta selama libur lebaran.

Ribuan petugas ini akan disiagakan di tempat-tempat publik, seperti di masjid-masjid besar, tempat wisata, hingga area publik lain sehingga Jakarta tetap bersih selama libur lebaran.

Selain itu, DLH DKI Jakarta juga menyiapkan ratusan truk sampah dan 85 unit kendaraan penyapu jalan otomatis (road sweeper).

“Kami menyiapkan sekitar 70 petugas di setiap kecamatan. Lebih dari 3.080 personel di seluruh Jakarta akan bertugas di berbagai tempat saat malam takbiran, hari H Idulfitri, dan libur Lebaran. Kami akan membantu masjid-masjid besar dalam menyediakan tempat sampah yang memadai dan mengangkut sampah secara berkala,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto.

Untuk memastikan tidak ada penumpukan sampah saat libur lebaran dan setelahnya, Asep memastikan pelayanan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang akan tetap beroperasi, serta pengosongan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di seluruh wilayah Jakarta.

“Strategi mengosongkan TPS dilakukan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal setelah libur Lebaran. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar TPS dan mencegah berkembangnya lalat serta vektor penyakit lainnya,” katanya.

Sementara itu, DLH menyiapkan personel dan sarana untuk penanganan di lokasi stasiun, terminal, dan pelabuhan sebagai imbauan ‘Mudik Minim Sampah’, serta melakukan pengangkutan sampahnya secara berkala guna mengurangi dampak akibat sampah yang tidak terkelola, terutama dari sisa makanan dan kemasan.

Seperti diketahui, ‘Mudik Minim Sampah’ merupakan gerakan yang mengajak masyarakat untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan selama mudik lebaran.

“Mudik merupakan tradisi yang sangat dihargai dan dinantikan oleh banyak orang. Namun demikian, kami ingin mengingatkan pentingnya kesadaran terhadap sampah yang mungkin ditimbulkan selama perjalanan tersebut. Ayo kita kurangi sampah saat mudik!” ujarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button