Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Untar Dorong Alumni Terus Berprestasi di Tingkat Nasional dan Internasional

0

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., AE. mendorong para alumni tidak berhenti mendulang  prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Harapan ini disampaikan Prof Agustinus di hadapan para wisudawan Untar di Jakarta Convention Center, Sabtu (11/11/2023).

Wisuda ke 82 ini, meluluskan 1.240 wisudawan, terdiri dari 771 lulusan program sarjana, dan 469 lulusan program Magister dan Doktor.  Dari para lulusan Program Studi Sarjana, Profesi, Magister dan Dokter telah dipilih lulusan terbaik akademik dan non akademik untuk setiap program, studi.

Prof Agustinus mengatakan prestasi di tingkat nasional maupun internasional sejalan dengan tema hari hari jadi Untar pada 1 Oktober 2023 lalu,  yakni “Untar untuk Indonesia, Untar untuk Dunia”. Untar pun telah merealisasikan tema tersebut, yang terbaru adalah Untar menerima 4-Star dari Quacquarelli Symonds (QS) Rating.  Rating bintang empat menandakan Untar “Rated for Excellence” atau dinilai sebagai kampus

Untar mendapat penilaian tertinggi atau rating bintang lima dalam kategori kesiapan kerja alumni (employability) dan keterbukaan/inklusivitas (inclusiveness).

“Minggu ini saya diundang ke Kuala Lumpur untuk menerima penghargaan dari QS Rating mewakili Untar dan juga beberapa perguruan tinggi dari Indonesia dan dari Asia Pasifik ini juga membuktikan bahwa pengelolaan hutan betul-betul sudah diakui ya di tingkat Asia Pasifik dan kita berharap segera untuk diakui secara internasional lebih luas,” kata Prof Agustinus.

Prof Agustinus menegaskan Untar tidak pernah surut dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, anti kekerasan, inklusif dan efektif. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi peran Pendidikan dalam mencapai pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan di era Sustainable Development Goals (SDGs)

“Semoga semua ilmu pengetahuan teknologi dan berbagai kompetensi baik akademik maupun non akademik yang telah anda capai selama menempuh pendidikan di usia atau negara baik program S1 profesi magister dan Doktor dapat bermanfaat bagi diri sendiri bagi keluarga dan bagi masyarakat luas yang membutuhkan kemampuan anda dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat,” tutur Prof Agustinus.

Kepala LLDikti Wilayah III Jakarta  Prof.Dr. Toni Toharudin, S.Si,. M.s memberikan apresiasi kepada Untar yang telah berperan aktif dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing di pasar global.

“Kampus ini telah terbukti berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan generasi muda yang berkualitas sebagai modal pembangunan bangsa,” kata Prof Toni.

Ia juga menyambut baik tema yang diusung Untar. Untar untuk Indonesia, Untar untuk Dunia merupakan tema yang sangat sangat relevan karena dapat menjadi motivasi untuk mencapai Pembangunan Berkelanjutan 2030 atau SDGs

“Pendidikan menjadi salah satu instrumen penting dalam mencapai tujuan-tujuan SDGs, karena pendidikan yang berkualitas akan membantu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan peduli terhadap isu lingkungan dan sosial. Saya sangat mengapresiasi program-program pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara dalam mendukung tujuan SDGs’,” terang Prof Toni.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc menyampaikan ucapan selamat bagi seluruh wisudawan dan  wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studinya dengan baik.  “Semoga keahlian dan kompetensi yang kalian miliki dapat bermanfaat bagi masyarakat sesuai tagline Untar untuk Indonesia.  Saya melihat sendiri bahwa Untar adalah perguruan tinggi yang sangat baik,” ungkapnya.

Dalam acara wisuda ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Untar, Undana, dan Yayasan Pendidikan GPIB Ora et Labora Sungailiat dalam rangka berkolaborasi membangun kerja sama untuk mendukung pendidikan yang berkualitas melalui implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tahun ini, acara wisuda kembali mengangkat budaya daerah. Kali ini, budaya Jakarta yang dipilih untuk menghiasi jalannya wisuda. Budaya Jakarta ini diperlihatkan melalui pakaian  tradisional yang dikenakan panitia wisuda, alat musik dan juga pertunjukan tari topeng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *