Headline NewsPageants

Finalis P3N 2021 Dapat Pembekalan Tentang Pentingnya Menjaga Networking

Para finalis Putra Putri Pariwisata Nusantara (P3N) 2021 kembali mendapat pembekalan dari Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto. Pembekalan ini, di dapat saat digelarnya Karantina Virtual kedua pada Rabu (17/2/2021).

Dalam pembekalan kali ini, Founder Yayasan EL JOHN Indonesia menyampaikan materi tentang pentingnya menjaga networking atau jaringan. Tokoh Pariwisata Nasional itu, menyampaikan ada tiga pedoman  yang harus dijaga saat menjalin hubungan dengan seseorang, yakni What You See, What You Say dan What You Do.Ketiga pedoman ini, memiliki peranan penting untuk memperkuat hubungan dengan relasi.

Johnnie menjelaskan, pedoman pertama yakni What You See  adalah seseorang harus dapat melihat lawan bicara secara bijaksana. Jangan sampai sebelum melihat, sudah menilai lawan bicara tidak berkompeten untuk diajak bicara. Jika itu dilakukan maka, akan merusak networking.

Kemudian pedoman yang kedua yaitu What You Say. Pedoman yang satu juga sangat penting untuk dijaga. Seseorang akan menilai, ucapan apa yang akan dilontarkan lawan bicara, jika ucapannya tidak kurang berbobot maka komunikasi akan tidak optimal.

“Kalau keluar dari mulut itu berbobot orang akan tertarik untuk ngajak ngobrol tapi kalau yang keluar tidak berbobot apalagi bicaranya yang negatif-negatif begitu ketemu keluarnya adalah ngerumpi masalah pribadi, keluh kesah, mengeluh, mengklaim orang lain, orang akan tidak respect akhirnya pembicaraan itu jadi pembicaraannya tidak akan berlanjut,” terang Johnnie.

Selanjutnya  pedoman yang terakhir atau yang ketiga adalah What You Do. Pedoman ini lebih menitik beratkan pada tingkah laku seseorang saat berbicara. Jika tingkah lakunya sudah tidak sopan maka akan lawan bicara akan tidak terasa nyaman dan akhirnya komunikasi tidak efektif.

“Anda duduk dengan posisi yang tidak benar, anda merasa mungkin sudah benar tapi ternyata melanggar etika. Orang akan melihat ko anak ini tidak beretika dan tidak benar. Hal-hal seperti itu harus menjadi bagian dari pengendalian diri kita, karena untuk bertemu dengan orang kita harus mengendalikan diri dulu, harus melakukan persiapan untuk tampil menarik,” jelas CEO EL JOHN Media ini.

Johnnie berharap para finalis dapat menjaga ketiga hal ini baik dalam  kehidupannya maupun disaat menjadi seorang Putra maupun Putri Pariwisata Nusantara 2021. Ketiga pedoman ini menjadi dasar untuk memperkuat networking dan untuk melakukannya pun tidak terlalu sulit.

“Itu bagaimana persepsi orang terhadap diri anda pada saat anda berbicara. Itu lah mencerminkan diri anda, artinya adalah perbuatan anda, orang akan menilai perbuatan anda sejalan ga dengan penampilan anda, dengan apa yang anda ngomongin, kalau sudah tidak sejalan ya sudah distop semuanya. Semuanya akan menjadi sia-sia. Begitulah pentingnya mengelola networking,” tegas Johnnie.

 Dalam pembekalan ini, juga dilakukan sesi tanya jawab, finalis yang bertanya kepada Founder Yayasan EL JOHN Indonesia di antaranya finalis Putra perwakilan dari Provinsi Papua, dengan nomor urut 39, atas nama Fadhlun Munir Pauspaus. Fadhlun menanyakan soal strategi apa yang digunakan Yayasan EL JOHN Indonesia dalam menjaga networking kepada para penyelenggara kontes dunia.

Johnnie menerangkan, untuk menjaga hubungan tersebut Yayasan EL JOHN Indonesia  selalu mengekedepankan sikap menghargai. Dengan sikap tersebut maka lahir hubungan saling menghargai. Utamakan sikap  menghargai keluar dari kita terlebih dahulu agar ada tidak ada yang rugikan dan apa yang diharapkan dapat terwujud.

“Kalau ini bisa terjadi maka hubungan pertemanan, hubungan persahabatan itu akan panjang dan akan terjadi muncul benefit. Begitu lah cara dari EL JOHN yang bergaul dengan berbagai pemilik Pageant-pageant di internasional, sehingga kita bisa dipercaya,” tutup Johnnie.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close