Culinary Tourism

Galakkan Gemar Makan Ikan, Dinas Perikanan Sinjai Gelar Lomba Masak Serba Seafood

Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai menggelar lomba masak berbahan dasar serba ikan yang berlangsung di Balai Pertemuan TPI Lappa, Kamis (30/8/18).

Sebanyak delapan kelompok pengolahan hasil Perikanan (POKLAHSAR) yang ikut diantaranya perwakilan dari Desa Tongke-tongke, Pasimarannu, Kelurahan Lappa, Desa panaikang Dan perwakilan dari Kecamatan Pulau Sembilan.

Bertindak selaku juri masing-masing, Dedi Hamzah, dari Dinas Kesehatan, Ketua Dharma Wanita Sinjai Hj. Kamriah Akbar dan Hj. Ihsan Jamil dari Tim Penggerak PKK Sinjai.

Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Ir. Sultan H. Tare  mengatakan lomba ini dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan pada masyarakat melalui program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

“Kita harapkan kelompok pengolahan hasil perikanan ini ada inovasi baru dalam menyiapkan menu masakan yang berbahan ikan, karena selama ini  menunya itu-itu saja, inilah kita harapkan ada inovasi baru yang muncul sehingga masyarakat memiliki daya tarik untuk mengkonsumsi makanan dari abahn ikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Sinjai Hj. Kamriah Akbar mengatakan bahwa para peserta telah menunjukkan kreativitas dan inovasi khususnya dalam mengelola masakan dari bahan ikan.

“Kami harap para peserta dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal pentingnya sumber gizi dalam makanan menu sehari-hari utamanya berbahan baku ikan,” ucapnya.

Menurut Kamriah lomba masakan ini dinilai dari kreatifitas, inovasi, citarasa masakan, higenis dan keamanan makanan. Masing-masing peserta membuat tiga menu diantaranya menu masakan keluarga, menu balita dan menu snack.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close