Headline News

Ganjar Tegaskan Tak Akan Bergabung Dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Mantan calon presiden Ganjar Pranowo, menegaskan dirinya tidak akan menjadi bagian dari pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ganjar dalam acara halal bihalal di Jalan Teuku Umar Nomor 9, Menteng, Jakarta, pada Senin malam (06/05/2024).

Acara halal bihalal ini turut di hadiri  mantan cawapres, Mahfud MD, dan anggota Tim Pemenangan Nasional (TPN).

“Saya deklarasikan pertama kali, saya tidak akan menjadi bagian dari pemerintahan ini, tetapi saya sangat menghormati pemerintahan ini,” ujar Ganjar.

Ganjar menegaskan bahwa ia akan tetap melakukan pengawasan terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, ia menekankan bahwa pengawasan tersebut akan dilakukan dengan cara yang sesuai dengan etika politik.

“Kita harus memastikan bahwa etika politik kita terjaga, dan kita semua saling menghormati satu sama lain tanpa perlu saling menjelek-jelekan,” tambahnya.

Menurut Ganjar, pengawasan yang tepat terhadap pemerintah sebaiknya dilakukan melalui jalur parlemen.

“Kami percaya bahwa pengawasan yang efektif dilakukan melalui parlemen, karena itu merupakan jalur yang tepat bagi kita untuk mengontrol pemerintah,” ungkapnya.

Pada tanggal 25 April lalu, Ganjar sebelumnya telah mengindikasikan bahwa PDIP mungkin akan memilih untuk berada di luar pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, PDIP belum membuat keputusan resmi mengenai hal tersebut.

“Saya melihat dari pernyataan Bu Mega, sepertinya begitu. Kami mungkin akan berada di luar pemerintahan, tetapi kami tidak akan menjadi oposisi,” ujar Ganjar di kediamannya, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY.

Ahmad Basarah, Ketua DPP PDIP Bidang Hubungan Luar Negeri, menyatakan bahwa keputusan PDIP akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP pada bulan Mei mendatang. Menurutnya, keputusan tersebut adalah hak prerogatif dari Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button