DigitalTechTechnology

Resmikan IDTH di BBPPT Depok, Presiden Dorong Indonesia Berperan sebagai Produsen Digital

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di Kota Depok, Jawa Barat, pada Selasa (07/05/2024). Dalam kesempatan tersebut, Presiden menekankan pentingnya bagi Indonesia untuk berperan sebagai produsen dalam era digitalisasi.

“Saya terus menekankan hal yang sama bahwa kita harus menjadi pemain, bukan hanya penonton atau pasar dalam ranah digital,” ujar Presiden.

Presiden menjelaskan bahwa IDTH adalah pusat pengujian perangkat yang memenuhi standar internasional dan menjadi yang terbesar serta terlengkap di ASEAN.

“Seperti yang disampaikan Menteri Kominfo, ini adalah yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, serta akan menjadi pusat sertifikasi perangkat digital terdepan di kawasan ini,” ungkapnya.

Presiden memberikan kesan positif terhadap fasilitas IDTH yang baru diresmikan. Ia menyebut bahwa perangkat yang digunakan di sana sangat modern dan berkualitas tinggi.

“Saya telah mengunjungi semua ruangan dan melihat perangkat-perangkatnya yang super modern dan berkualitas tinggi. Ini tidak mengherankan mengingat anggaran yang digunakan hampir mencapai Rp1 triliun,” tuturnya.

Presiden menekankan peran krusial pengujian perangkat ini, yang sejalan dengan yang disampaikan Menteri Kominfo.

“Semua perangkat digital akan diuji di sini, mulai dari laptop, ponsel, bluetooth, access point, televisi digital, hingga handy talky dan radar,” ujarnya.

Presiden juga menegaskan bahwa semua perangkat akan diuji terlebih dahulu sebelum dipasarkan, untuk memastikan standar keamanan, kesehatan, dan keselamatan masyarakat terpenuhi.

“Sebelum dipasarkan, perangkat-perangkat ini akan diuji di sini untuk memastikan bahwa standar keamanan, kesehatan, dan keselamatan masyarakat terpenuhi,” katanya.

Presiden berharap IDTH tidak hanya menjadi tempat uji sertifikasi, tetapi juga menjadi pusat inovasi dan memperkuat ekosistem teknologi digital lokal.

“Saya berharap IDTH akan menjadi pusat riset dan pengembangan yang bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi, startup, dan UMKM, untuk mengembangkan produk-produk digital dalam negeri yang mampu bersaing,” pungkasnya.

Selain Presiden, turut hadir dalam peresmian ini Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, dan Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button