CultureDestinationTourism

Gawai Dayak Sintang Siap Digelar 5-10 Juli 2017

Kalimantan Barat sebagai wilayah terus berupaya meningkatkan potensi wisatanya dengan mengoptimalkan kebudayaan Dayak. Usai Kota Pontianak menggelar Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-32 yang mendatangkan 500 tamu istimewa dari suku Indian (Amerika), Suku Maori dari New Zeawland dan masyarakat Dayak dari Malaysia, kini event crossborder tourism serupa akan digelar di Kabupaten Sintang pada 5-10 Juli 2017 di Kompleks GOR Apang Semangai, Baning Sintang.

“Pelaksanaan Gawai Dayak Tingkat Kabupaten Sintang akan kita hidupkan kembali karena mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Sintang. Kami sudah membentuk panitia pelaksana yang dipimpin oleh Hendrika Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang. Dalam gawai Dayak ini kita ingin mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Sintang dan dalam beberapa jenis perlombaan nanti ada unsur olahraganya yang banyak dilakukan kaum muda,” terang Jefray Edward, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang, Jumat (30/6).

Di Kalimantan Barat, Suku Dayak merupakan kelompok etnis terbesar di Kabupaten Bengkayang, Landak, Sanggau, Sintang, dan Sekadau, sementara di Kabupaten Kapuas Hulu suku Dayak dan Melayu tersebar merata. Masing-masing suku Dayak yang tersebar di berbagai wilayah ini mempunyai ritual tahunan yang dilaksanakan sesudah panen, sebuah upacara sebagai ungkapan syukur atas melimpahnya panen dan perlindungan yang diberikan oleh Jubata.

“Pelaksanaan upacara ini juga dilakukan di daerah masing-masing, dengan nama yang berbeda-beda pula. Ada yang menamainya dengan Gawai, Naik Dango’, Maka’ Dio’, dan Pamole’ Beo’,” jelas Jefray.

Upacara adat syukuran sehabis panen ini dilaksanakan oleh masyarakat Dayak dengan nama berbeda-beda. Orang Dayak Hulu menyebutnya dengan Gawai, di Kabupaten Sambas dan Bengkayang disebut Maka‘ Dio, sedangkan orang Dayak Kayaan, di Kampung Mendalam, Kabupaten Putus Sibau menyebutnya dengan Dange.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button