Gelar Pertemuan, ICBC dan Delegasi Danzhou Bahas Potensi Kerja Sama di Sektor Pariwisata

0

Menjalin hubungan kerja sama yang erat dan saling menguntungkan  antara Indonesia dan Tiongkok menjadi komitmen Indonesia China Business Council (ICBC). Komitmen tersebut ditunjukan ICBC dengan menerima setiap delegasi yang datang dari Tiongkok.

Pada Kamis (11/07/2024), pengurus ICBC menerima kedatangan delegasi dari Kota Danzhou, Provinsi Hainan, Tiongkok. Kedatangan delegasi disambut hangat  Ketua Harian ICBC Ali Husein bersama jajaran pengurus lainnya.

Selama kurang lebih 1 jam setengah, kedua belah pihak membicarakan peluang kerja sama. Untuk delegasi dari Kota Danzhou berkesempatan untuk memaparkan potensi yang dimiliki Kota Danzhou, khususnya di sektor pariwisata.

Danzhou, memiliki potensi pariwisata yang luar biasa berkat kekayaan alam, budaya, dan sejarahnya. Sebagai destinasi yang sedang berkembang, Danzhou menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menarik bagi wisatawan domestik maupun internasional.

Danzhou dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Salah satu daya tarik utamanya adalah Teluk Baimajing yang menawarkan pemandangan laut yang indah dan pantai berpasir putih. Teluk ini sangat cocok untuk berbagai aktivitas pantai seperti berenang, snorkeling, dan berjemur.

Selain itu, Danzhou juga memiliki Taman Nasional Dongpo yang merupakan surga bagi para pecinta alam dan pendaki. Taman ini menawarkan berbagai jalur hiking yang melalui hutan lebat dan pemandangan pegunungan yang menakjubkan.

Kota Danzhou juga kaya akan warisan budaya dan sejarah. Wisatawan dapat mengunjungi Kuil Dongpo yang didedikasikan untuk Su Dongpo, seorang penyair terkenal dari Dinasti Song yang pernah tinggal di daerah ini. Kuil ini tidak hanya menawarkan arsitektur yang indah tetapi juga memberikan wawasan tentang sejarah dan budaya lokal.

Untuk mendukung pertumbuhan pariwisata, pemerintah lokal Danzhou telah berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur pariwisata. Pembangunan hotel, resor, dan fasilitas pendukung lainnya terus dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan. Selain itu, akses transportasi ke dan dari Danzhou semakin mudah dengan adanya bandara internasional di Haikou, ibu kota Provinsi Hainan, yang hanya berjarak beberapa jam perjalanan dari Danzhou.

Ketua Harian ICBC  Ali Husein, baru-baru ini mengungkapkan beberapa poin penting dari pertemuan ICBC dengan delegasi dari Kota Danzhou, diantaranya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Kota Danzhou

Ali Husein, mengatakan jumlah wisman ke Kota Danzhou dapat melebihi kunjungan wisman ke Bali. “ Danzhou merupakan kota yang mampu menarik banyak wisman mencapai 10 juta wisman dalam satu tahun, kalau Bali hanya mendapat kunjungan 5-6 juta orang,” kata Ali Husien

Menyadari perbedaan tersebut, Ali Husien menekankan perlunya Indonesia, terutama Bali, untuk belajar dari strategi pariwisata Danzhou. “Mungkin kita harus banyak belajar,” ujarnya.

Dia percaya bahwa ada banyak hal yang bisa dipelajari dari bagaimana Danzhou mengelola dan mempromosikan pariwisatanya, termasuk dalam hal infrastruktur, pelayanan, dan strategi pemasaran.

Salah satu ide yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah kemungkinan memberikan beasiswa kepada pelajar dan profesional Indonesia untuk belajar pariwisata di Danzhou.  Ali Husien berharap program beasiswa ini bisa membantu Indonesia meningkatkan kualitas pariwisata dengan mengadopsi praktik terbaik dari Danzhou.

“Maka saya tadi lanjutkan, bisa enggak mereka bisa menerima beasiswa kita untuk belajar pariwisata. Nah usulan saya tadi akan dibahas oleh internal mereka dan kita akan tindak lanjuti dengan pertemuan berikutnya,” kata Ali Husein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *