Sports

Gol Cristiano Ronaldo Sejajar Michel Platini di EURO

Sempat dikritik karena penampilannya yang kurang greget sejak awal kompetisi, penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, membuktikan dirinya masih sangat layak diwaspadai, dengan mencetak salah satu gol kemenangan Portugal 2-0 atas Wales di semifinal EURO 2016 yang berlangsung pada Kamis (7/7) dini hari tadi.

Tidak cuma pembuktian diri, gol tersebut ternyata berarti banyak, bukan hanya untuk tim nasional Portugal, tapi juga untuk pemain Real Madrid tersebut. Karena melalui gol tersebut, Ronaldo mampu menyamai rekor gol legenda Perancis, Michel Platini, yang memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di ajang Piala Eropa atau EURO.

Totalnya, Ronaldo sudah mencetak sembilan gol selama keikutsertaannya di turnamen sepakbola antarnegara di benua biru ini, sama seperti jumlah gol yang ditorehkan Platini di ajang ini.

Hanya bedanya, jumlah sembilan gol itu dikumpulkan Ronaldo dalam rentang waktu 12 tahun,sejak dia melakukan debut di turnamen besar pada EURO 2004 hingga EURO 2016. Sementara Platini, mencetak sembilan gol tersebut hanya dalam satu edisi turnamen, yakni pada EURO 1984.

Selain itu, Ronaldo juga menjadi pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang tidak pernah absen mencetak gol dalam empat edisi EURO yang berbeda. Pemain berusia 31 tahun tersebut total juga sudah memainkan 20 pertandingan di laga EURO bersama tim nasional Portugal, dan ini adalah jumlah terbanyak di antara pemain-pemain lain.

Masih belum cukup, rekor lain yang diciptakan Ronaldo adalah, dia menjadi pemain pertama yang mampu tiga kali tampil di semifinal EURO. Mantan pemain Manchester United itu melakukannya bersama tim nasional Portugal pada EURO tahun 2004, 2012 dan 2016 ini.

Sekarang, Ronaldo punya ambisi membawa Portugal untuk pertama kalinya menjuarai EURO, setelah memastikan diri melaju ke partai puncak. Di final EURO 2016 nanti, Selecao bakal bertemu pemenang laga Jerman kontra Perancis. Kita tunggu saja pembuktian diri seorang Cristiano Ronaldo!

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button