DestinationHeadline NewsTourism

Gubernur Bali: Jika Gunung Agung Meletus, Dampak Buruk Untuk Pariwisata Bali Kecil

Gubernur Bali Imade Mangku Pastika kembali meyakinkan kepada semua pihak bahwa pariwisata di Bali tidak akan terganggu dengan ancaman erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali. Jika nanti erupsi terjadi, Pastika juga yakin  bahwa  tidak akan berdampak luas pada pariwisata di Bali.

“Saya katakan, maksimum (luas wilayah) terdampak oleh letusan itu, di luar debu ya, di luar debu, hanya 12 Km.  Masih ada 64 desa dari 78 desa di Karangasem,  Karangasem sendiri masih zona aman,” kata Pastika kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas yang membahas antisipasi peningkatan aktivitas Gunung Agung dan Gunung Sinabung, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis sore, 28 September 2017.

Pastika mengaku status yang kini ditetapkan terhadap Gunung Agung adalah status tertinggi karena sudah masuk ke level awas. Namun Pastika tidak dapat memprediksi kapan letusan akan terjadi. Yang terpenting  bagi Pastika adalah bagaimana secara serius menyiapkan langkah antisipasi dan penanganan kepada warga, khususnya yang tinggal di zona tidak aman. Selain keselamatan warga yang diutamakan, pemerintah Provinsi Bali juga meminimalisir kerugian yang dialami warga jika letusan terjadi

Oleh karena itu, semua Kementerian saya kira yang terkait sudah terlibat di dalam penanganan ini bersama pemerintah daerah, baik provinsi dan kabupaten.

Terkait dengan penanganan pengungsi, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika juga mengingatkan, bahwa kerabatan di Bali itu sangat kuat, sehingga sebagian besar pengurus itu justru berada di rumah-rumah keluarganya masing-masing.

“Mereka akan ditampung selain di tenda-tenda darurat, akan disalurkan ke Bale Banjar namanya,  tiap desa di Bali karena Desa tradisional, desa adat punya Bale Banjar,  itu bisa dimanfaatkan untuk, dan seluruh warga sudah terlibat urusan ini dalam membantu keluarga mereka yang sedang mengungsi,” ungkap Pastika.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button