Culinary TourismDestinationHeadline NewsPageantsTourism

Hari ke-12 Karantina, 38 Finalis Putri Pariwisata Indonesia 2017 Jalani Interview One on One

Setelah mendapatkan pembekalan dengan berbagai materi akhirnya ke 38 finalis Putri Pariwisata Indonesia 2017 menjalani interview one on one. Interview ini digelar di hari ke-12 masa karantina di Hotel Ibis Budget, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu, 23 Agustus 2017. Dalam interview ini para finalis dipanggil satu persatu untuk berhadapan dengan 6 dewan juri.

Ke enam dewan juri yakni Founder and Chairman EL JOHN Pageants Johnnie Sugiarto selaku Dewan Juri Kehormatan, Deputy Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti, Deputy CEO Mark Plus, Inc  Jacky Mussry, Ketua Umum Pernik Nusantara Coreta Louise Kapoyos dan Fouder and Director LSPR Jakarta Prita Kemal Gani dan Fashion Desaigner  Musa Widyamodjo.

Setiap juri melontarkan pertanyaan sesuai dengan keahlian para juri. Seperti Deputy Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti yang menanyakan seputar pariwisata nasional. Karena tema yang diambil Enjoying Wonderful Indonesia’s Culinnary, maka pertanyaan yang diajukan Esthy  berkaitan dengan kuliner nusantara. Esthy berharap Putri Pariwisata Indonesia 2017 yang terpilih nanti maupun yang belum terpilih  dapat  memahami lebih jauh tentang kuliner.

“Tema tahun ini  Enjoying wonderful Indonesia’s culinary, jadi diharapkan Putri-putri Pariwisata ini disamping memahami pariwisata secara umum tapi dengan tema culinary mereka juga memahami bahwa salah satu produk budaya itu adalah kuliner. Ini menjadi suatu atraksi yang menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Jadi secara keseluruhan diharapkan Putri Pariwisata tidak hanya di tahun 2017 tapi ditahun-tahun sebelumnya secara komitmen menjadi ambasador pariwisata baik mempromosilkan destinasi maupun produk-produk pariwisata khususnya budaya,” kata Esthy saat diwawancara Redaksi EL JOHN News usai menjadi juri di sesi interview one on one ini.

Sementara itu,  Deputy CEO Mark Plus, Inc  Jacky Mussry menanyakan seputar pemasaran baik definisi pemasaran secara umum hingga pemasaran di bidang pariwisata.

“Pertama mulai pengetahuan dia secara umum mengenai pemasaran itu apa itu yang pertama kedua bagaimana dia memanfaatkan pemasaran itu pada dirinya sendiri untuk supaya dia bisa lebih kompetitif di ajang seperti ini. Ketiga bagaiman memasarkan pariwisata khususnya di daerah mereka dan jika menjadi ambasador bagaimana memasarkannya untuk di Indonesia, “ kata Jacky.

Jacky melihat ke 38 finalis ini, beberapa diantaranya ada yang berkualitas jawabannya  dan ada juga yang masih kurang.  Tapi untuk keseluruhannya Jacky menilai ada potensi yang bagus yang tertanam di diri para finalis, hanya saja  penyampaian jawaban dari semua finalis belum terstruktur rapi dan juga masih kurangnya pemahaman tentang pariwisata.

“Inikah satu lawan satu nih  saya tuh memberi pesan ke mereka nanti dihadapan publik saya minta mereka lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi yang lebih penting lagi lebih besar lebih tinggi sekali tekanan tapi secara umum mereka sudah paham,” ungkap Jacky.

Hal serupa juga disampaikan  juri lainnya yakni Musa Widyamodjo. Desainer ternama ini melihat jawaban finalis kebanyakan kurang berbobot. Musa pun menyadari usia yang masih muda, wajar jika ada yang kurang dari finalis dalam menjawab pertanyaan yang diajukannya.

Saat sesi interview one on one ini, Musa menanyakan kepada para finalis  diantaranya seputar  tentang bagaimana perawatan diri, bagaiman merawat wajah, bagaimana para finalis menjelaskan busana yang dikenakan apakah mewakili daerahnya atau tidak. Musa berharap Siapa pun yang terpilih sebagai Putri Pariwisat Indonesia 2017 harus selalu intropeksi diri.

“Untuk Putrinya sendiri harus punya keberanian juga untuk mengoreksi dirinya untuk melihat kekurangan dirinya dan untuk terus mengupgrade dirinya sendiri jadi bukan berarti anda menjadi pemenang anda selesai dengan pendiikan yang anda teruskan dan lanjutkan.” kata Musa

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button