DestinationTourism

I Gde Pitana : Bali Harus Terus Selenggarakan Festival Guna Menarik Wisatawan Asing Datang

Event internasional Bali Blues Festival (BBF) 2017 memang sejak awal digadang mendatangkan banyak turis asing ke Indonesia. Alasannya sederhana sekali, karena kegiatan ini mempunyai efek jangka panjang jika dilakukan terus setiap tahun.

Diakui oleh Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, I Gde Pitana yang menyebut kegiatan seperti ini memiliki efek yang bagus untuk menarik wisatawan. Katanya, festival musik memiliki dua dampaknya.

“Festival seperti ini dan sejenisnya ada dua dampak yakni direct dan indirect impact. Indirect-nya lebih besar. Karena yang direct paling yang datang enggak lebih dari 500 orang,” kata Pitana di lokasi konser Pulau Peninsula, Nusa Dua Bali, Jumat (26/5).

“Kalau dilakukan tahunan akan dapat citra ke destinasi,” imbuh dia.

Selain itu, ia menambahkan bahwa kegiatan seni modern maupun tradisional adalah cara efektif memperkenalkan suatu destinasi.

Event adalah wahana efektif memperkenalkan destinasi. Dulu Banyuwangi nggak pernah ada yang tahu, tapi setelah ada banyak festival ada impact-nya,” tegas dia.

Brand Bali kuat di dunia, jauh lebih kuat dari nama Indonesia. Kalau event ini marketnya bagus, bakal tumpah ruah penontonnya,” jelas dia lagi.

Dijelaskan Pitana bahwa kawasan Nusa Dua telah diakui dengan adanya resort terbaik dan Pulau Bali sebagai destinasi terbaik dunia pula.

“Oleh karena itu harus ada festival tiap bulan. Bali sangat siap di pariwisata dari fisik dan non fisik. Semua ada di sini,” ucap Pitana.

Di tempat yang sama, President Director ITDC Abdulbar M. Mansoer membenarkan yang dikatakan Pitana. Hal itu adalah kurangnya hiburan di kawasan yang dikelolanya.

“Menyinggung Nusa Dua ini mendapat 20 persen wisatawan asing yang datang ke Bali. 5.000 kamar ada di sini. Yang kurang attractions-nya,” imbuh dia.

Bali Blues Festival 2017 ini digelar selama dua hari, 26-27 Mei di Pulau Peninsula, Nusa Dua Bali. Sejumlah bintang ikut tampil dalam festival yang memasuki tahun ketiga ini.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button