Headline News

Indahnya Air Terjun Temam Lubuk Linggau

Kalau sedang menjelajahi kepulauan Sumatera Selatan, coba mampir ke daerah Lubuk Linggau. Di sana terdapat air terjun cantik yang bisa kita kunjungi untuk tempat bersantai. Air terjun Temam, berada sekitar 11 km ke arah selatan dari pusat kota Lubuk Linggau, kabupaten Musirawas.

Jarak tempuh Lubuk Linggau sendiri dari kota Palembang memakan waktu bekisar 6,5 jam dengan kendaraan bermotor. Sedangkan dari Lubuk Linggau hingga ke tempat tujuan memakan waktu kurang lebih 30 menit melalui jalur darat.

Banyak yang menyebut air terjun ini adalah Air Terjun Niagara Mini yang berada di Amerika Serikat. Bentuknya yang memanjang dan mirip tirai raksasanya tetapi Air Terjun Temam ini lebih kecil ukuranya. Air Terjun Temam ini berasal dari aliran sungai Temam yang masih bersih dan terbebas dari sampah, jadi tidak perlu khawatir untuk tetap bisa menikmati dan bermain air di area air terjun ini.

Air Terjun Temam berbeda dengan air terjun tinggi menjulang yang biasa kita temui, air terjun yang terbentuk secara alami ini memiliki bentuk memanjang yang berukuran tinggi sekitar 12 meter dan lebar mencapai 25 meter. Keunikan batu yang berbentuk celah dan melengkung dibawah air terjun ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang duduk-duduk sambil menikmati sensasi jatuhnya air dihadapan mereka.

Banyak cara untuk mengagumi air terjun ini. Dengan cara berfoto narsis dari atas dan dengan background air terjun, dengan hanya duduk didepan air terjun sambil menikmati hempasan embun air terjun dan dengan mendekat sambil bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun. Kadang ada juga anak asli masyarakat sekitar yang berani terjun dari atas air terjun ke kolam yang mempunyai kedalaman sekitar 4 meter itu.

Untuk melihat keindahan panorama air terjun Temam, pengunjung harus sedikit berjuang melewati beberapa anak tangga. Harus berhati-hati dan saling membantu, karena anak tangganya agak licin.

Memiliki ketinggian 12 m dan lebar 25 m, air terjun ini dikelilingi batu-batu alam dan pepohonan hijau dengan kondisi alam yang masih asri. Gemuruh airnya membuat suasana damai dan selalu ingin mengabadikannya lewat foto. Kita juga bisa berenang di sana untuk menikmati kesejukan airnya yang jernih dan alami. Tersedia juga tempat untuk duduk-duduk yang sengaja dibuat dari semen untuk para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati pesona air terjun Temam. Untuk tiket masuknya Rp. 1000,-/ orang.

Tempat Wisata Air terjun Temam sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah Kota Lubuk Linggau, Fasilitas di area air terjun saudah lengkap. Dari Fasilitas istirahat, tempat makan dan toilet sudah disediakan. Untuk masalah penginapan bisa ditemukan di Kota Lubuk Linggau yang merupakan kota terdekat dari Air terjun Temam.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button