DestinationTourism

Jakarta, kota Metropolitan untuk Nikmati Restoran Khas dan Serba Mewah

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jakarta menawarkan beragam restoran yang terletak di berbagai wilayah di kota metropolitan yang luas ini. Restoran internasional dan tradisional Indonesia yang terbaik dapat ditemukan di kawasan yang unik ini karena terletak di bangunan kolonial yang elegan yang menambah suasana nostalgia bersantap yang elegan dan indah seperti pada zaman kolonial dahulu kala. Restoran Oasis di Jalan Raden Saleh di Jakarta Pusat, Bistro Boulevard di Jalan Teuku Umar, Bunga Rampai di Jalan Tjik Ditiro, dan Jittlada Thai di Jalan Sultan Agung adalah beberapa contoh utama dari restoran-restoran yang ada di kawasan Jakarta. Café Batavia yang ada di seberang Stadhuis kuno di Jalan Fatahillah yang berada di Kota Tua akan membawa Anda kembali ke gaya makanan mewah pada masa kolonial Belanda.

Sementara itu, hotel-hotel berbintang Jakarta menyediakan makan siang dengan gaya buffet (prasmanan) dengan satu harga yang sudah mencakup semua (all you can eat) dimana Anda dapat memilih beragam makanan yang memiliki banyak pilihan mulai dari makanan Jepang, sushi sampai western food seperti steak dan roast beef, sampai salad yang segar, dan makanan penutup seperti chocolate cake, buah-buahan segar, dan kopi beraroma wangi yang nikmat. Ada juga mall yang dapat memanjakan para penikmat kuliner, dimana setiap lantainya terdapat restoran, dan ada juga bistro-bistro kecil, kafe-kafe, dan restoran fast food untuk memenuhi selera ribuan pegawai yang kantornya dekat dengan mall dan orang yang belanja di mall serta orang yang akan menonton film yang memenuhi Cineplex yang terdapat di mall.

Kawasan Kemang di Jakarta Selatan adalah sebuah dunia kecil tersendiri dimana terdapat restoran internasional diantaranya ialah restoran Turkish Anatolia, dan juga restoran-restoran berkelas lainnya yang menyajikan makanan Italia, India, Cina, Indonesia atau Belanda. dan jangan khawatir jika budget Anda terbatas, di sekitar kawasan ini Anda dapat menemukan restoran sederhana dan warung makanan, jadi tidak pernah ada istilah kelaparan karena kekurangan makanan di sini. Restoran Oasis di Jalan Raden Saleh di Jakarta Pusat adalah restoran ekslusif pertama di Jakarta.

Restoran ini bertempat di rumah mewah kolonial Belanda dimana para pengunjung disuguhi apa yang orang Belanda sebut Rijsttafel atau dalam bahasa Inggris rice table yang artinya santapan nasi yang sangat komplit. Rijsttafel adalah makanan Indonesia yang mewah dimana makanan diletakkan dalam piring porselein antik, masing-masing dibawa oleh dua belas orang pramusaji wanita yang luwes berpakaian kebaya dan kain batik panjang yang seakan-akan tidak henti-hentinya berdatangan. Restoran OASIS adalah salah satu dari beberapa restoran di dunia ini yang menyajikan dengan tradisi ini dan hingga saat ini satu-satunya yang menghidangkan Rijsttafel dengan penuh pesona perayaan. Mantan Presiden Amerika Bill Clinton dan Hillary Clinton pernah makan malam di sini ketika mengunjungi Jakarta.

Restoran Oasis telah menerima banyak penghargaan. Pada saat menyantap makanan, para tamu dihibur oleh live music dan penyanyi yang kebanyakan suku Batak. Kawasan Menteng di Jakarta Pusat adalah kawasan eksklusif dimana bangsawan kolonial dulu tinggal di rumah mewah yang dikelilingi oleh halaman yang luas pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Saat ini, rumah-rumah elegan ini masih terpelihara dan sekarang menjadi lokasi yang banyak dijadikan restoran mewah.

Rumah mewah pada zaman kolonial Belanda yang dulunya merupakan kantor Imigrasi tua di Jalan Teuku Umar terpisahkan oleh pepohonan hijau yang lebat dan saat ini menjadi lokasi Buddha Bar yang menyediakan makanan khusus Asia-Pasifik dan wine bergaya Perancis yang elegan ditemani musik spesial. Setelah menikmati makan malam dan wine dan mengobrol-ngobrol, ada lounge yang elegan dan bar dan panggung untuk pertunjukan dan hiburan. Restoran lain yang ada di kawasan Menteng adalah Bunga Rampai di Jalan Tjik Ditiro 35 yang menyedikan makanan peranakan Belanda-Indonesia dan Jittlada Thai di Jalan Sultan Agung 10. Lara Jonggrang di Jalan Tjik Ditiro 4 dan Waroeng Shangghai Blue di Jalan Kebon Sirih dan ke atas lagi ada Kembang Goela di Plaza Sentral di Jalan Sudirman Kav. 47-48, yang menyediakan makanan Belanda-Indonesia dan Rijsttafel.

Masih di kawasan Menteng, namun sudah dekat ke Jalan Sudirman terdapat restoran Seribu Rasa. Dengan bangunan yang bergaya minimalis modern, namun didekorasi dengan gaya Indonesia dan menyediakan makanan Indonesia yang lezat. Dekat dengan Istana Kepresidenan terdapat Dapur Babah Elite di Jalan Veteran 1 yang bertempat di bekas toko kolonial yang telah diremajakan. Restoran ini menyediakan makanan otentik peranakan Cina-Belanda-Indonesia di kawasan pemukiman Indonesia-Cina. Ada restoran peranakan yang lain seperti Little Penang di Jalan Pakubuwono 6 no.2 di Kebayoran atau Kembang Tanjung di Mall of Indonesia (MOI) di Jakarta Utara Kelapa Gading.

Juga Jakarta Utara, di daerah Kota Tua terdapat Café Batavia, terletak di sudut Jalan Pintu Besar Utara dan Taman Fatahillah. Bertempat di rumah mewah kolonial, restoran ini adalah restoran favorit bagi para ekspatriat yang mencari nostalgia dengan dimanjakan suasana bangunan kolonial tua. Restoran ini memiliki pintu-pintu dari kayu yang memberikan kesan hangat, foto-foto tua yang diambil pada masa kejayaan Batavia, dan menyediakan minuman seperti “White Orchid” mengenang Marilyn Monroe atau “Shirley Temple”. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button