EconomicInvestmentTourismTravel

Jawa Barat Serius Garap Pangandaran jadi KEK Pertama di Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertekad untuk menjadikan Pangandaran masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Hal tersebut disampaikan saat menghadiri acara Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Hotel Arnawa Kabupaten Pangandaran, Rabu (28/11/18) kemarin.

Gubernur Ridwan Kamil mengajak semua pihak terkait terutama yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan Pangandaran masuk KEK. Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, dengan banyak pihak yang membantu, besar kemungkinan Pangandaran lolos masuk KEK.

“Pangandaran harus menjadi yang terbaik. Bagaimana caranya? Semua harus ikut irama dan kita harus bagi-bagi tugas,” ajak Emil.

“Tugas kita adalah meng-goal-kan Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pertama di Jawa Barat,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya menuturkan ada Tiga C yang diperlukan dalam mentransformasi sebuah kawasan wisata, yaitu CEO Commitment, Change Agent, dan Competence.

CEO Commitment terkait komitmen dan kebijakan yang diberikan dari pemimpin atau pejabat pemerintah yang bersangkutan untuk membuat daerahnya sebagai kawasan destinasi unggulan. Kemudian Change Agent, dimana perlu ada tim khusus untuk melakukan pengembangan kawasan wisata sekaligus menjadi pengawas kebijakan transformasi kawasan wisata tersebut.

Hal ketiga, yaitu Competence, pendidikan untuk SDM pendukung kawasan wisata harus secara terus-menerus dilakukan. Khususnya pemanfaatam generasi muda agar mereka semua terlibat dalam pembentukan transformasi wisata unggulan.

Menurut Menpar, pariwisata akan menjadi core economy Indonesia. Dunia pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan paling cepat di dunia mencapai 22% atau tiga kali lipat dibanding pertumbuhan pariwisata dunia.

“Ini (pariwisata) akan menjadi motor penggerak ekonomi Indonesia. Jadi, apa yang menjadi core economy bangsa ini? Saya yakin adalah pariwisata,” tandas Menpar.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close