BusinessDestinationTourism

Jokowi Harap Hotel Milik BUMN Dukung Program Pemerintah Soal Pariwisata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) setiap berkunjung ke daerah kerap menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pariwisata, termasuk kunjungannya ke Bali untuk menghadiri Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) partai hanura, Jumat, 4 Agustus 2017.

Kali ini, Jokowi menyinggung soal hotel yang pengelolaannya dibawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  Jokowi berharap seluruh hotel milik BUMN untuk dapat meningkatkan kinerjanya dan bersaing dengan hotel-hotel swasta secara sehat. Selain itu hotel milik BUMN juga diminta untuk mendukung program pemerintah di bidang pariwisata yang kini menjadi salah satu program prioritas. Diketahui program pemerintah untuk pariwisata adalah menargetkan kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) untuk tahun ini dan 20 juta wisman pada tahun 2019 mendatang.. Pernyataan Jokowi ini sebagai pesan yang dititipkan kepada pengelola Hotel BUMN .

 “Presiden minta hotel BUMN mampu bersaing dalam rangka memajukan sektor pariwisata di Indonesia,” ucap Dewan Komisaris PT Hotel Indonesia Natour (HIN), Michael Umbas dalam keterangannya di  Jakarta, Minggu 6 Agustus 2017.

Selama kunjungan ke Bali bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Jokowi menginap di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur. Hotel tersebut merupakan salah satu hotel peninggalan Presiden RI Ir Soekarno dan terletak di Sanur dengan luas sekitar 46 Ha dan total kamar 638.

“Presiden meminta kami sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa hotel senantiasa meningkatkan pelayanan dan competitivenes,” jelas Michael.

Selain itu, Jokowi juga meminta hotel milik BUMN untuk mengkedepankan pelayanan yang ramah yang dapat memberikan nilai bagi wisman dan wisatawan nusantara (wisnus). Pasalnya, setiap wisatawan selalu membutuhkan ketenangan, keamanan dan kenyamanan dalam menikmati wisatanya.

Di sisi lain, kata Presiden sebagaimana disampaikan Michael, juga berpesan agar aset-aset yang dimiliki BUMN di bawah koordinasi PT HIN itu untuk dijaga dan dimaksimalkan perannya dalam mendukung program pemerintah di sektor pariwisata.

“Beliau minta dimaksimalkan semua potensi yang ada antara lain peningkatan kapasitas untuk dukung pariwisata,” Tutur Michael.

Setelah Rapimnas, kegiatan Jokowi dilanjutkan dengan membagikan sertifikat hak atas tanah program strategis nasional di Kota Denpasar. Presiden juga menunaikan ibadah sholat Jumat di Masjid Al Ikhsan dan berlanjut ke Museum Seni Lukis Klasik Bali Nyoman Gunarsa. Kunjungannya ke Museum Kontemporer Nyoman Gunarsa ini disampaikan Jokowi sekaligus memenuhi janjinya beberapa waktu lalu.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button